Minuman Coklat Panas Bisa Bantu Redakan Batuk

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 04 Januari 2017 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 04 481 1583437 minuman-coklat-panas-bisa-bantu-redakan-batuk-X8rApf8LZE.jpg Ilustrasi (Foto: Womansday)

KETIKA batuk, orang biasanya mengandalkan madu dan lemon sebagai obat batuk. Cobalah lain kali minuman coklat panas yang juga efektif meredakan batuk.

Profesor Alyn Morice, Kepala Studi Kardiovaskular dan Pernapasan dari University of Hull mengatakan, minuman coklat panas dapat membantu meredakan batuk. Chocolate mengandung kakao yang dapat menenangkan tenggorokan yang gatal.

"Mungkin banyak orang yang tidak menyadari bahwa obat batuk dapat meredakan tenggorokan yang gatal. Itu karena kandungan kakaonya," kata Morice dikutip Womansday, Rabu (4/1/2017).

Morice menambahkan, ini bukanlah studi pertama yang menunjukkan coklat dapat menenangkan batuk. Karena para peneliti di London Imperial College menemukan, segelas coklat panas mengandung theobromine dan alkaloid, yang sama fungsinya dengan obat batuk.

"Akan tetapi memang coklat panas tidak lebih cepat meredakan batuk tanpa diiringi minum obat," katanya.

Ada juga penelitian lain yang menunjukkan jika kakao dapat melindungi ujung saraf di tenggorokan yang memicu dorongan untuk batuk. Tapi perlu diingat juga saat Anda ingin minum coklat panas, jangan tambahkan gula untuk meminimalisir tenggorokan yang gatal.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini