nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Gejala Kanker Paru-Paru bagi Anda yang Bukan Perokok

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Jum'at 06 Januari 2017 19:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 06 481 1585055 7-gejala-kanker-paru-paru-bagi-anda-yang-bukan-perokok-MsdnEKa6Uj.jpg Ilustrasi (Foto: Wisegeek)

NYERI dada adalah salah satu tanda dari gejala awal kanker paru-paru. Namun, ada berbagai gejala lainnya yang perlu diketahui untuk menyimpulkan adanya kanker.

Mengapa mereka yang tidak merokok bisa terkena kanker paru-paru? Robert McKenna, Jr, MD, ahli bedah toraks Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, mengatakan paparan radon atau gas yang tidak berbau di dalam rumah, bisa memicu terjadinya kanker paru-paru. Eksposur lainnya antara lain asap rokok, polusi udara, dan asbes.

Meski Anda bukan perokok, Anda perlu mengetahui beberapa gejala kanker paru-paru berikut ini, dilansir dari Womenshealthmag, Jumat (6/1/2017).

Batuk darah

Menurut Mckenna, sebagian besar orang dengan kanker paru-paru biasanya sering batuk, bahkan batuk berdarah dengan warna lendir merah karat. Bila batuk menetap selama sebulan, pasien perlu memeriksakan kesehatannya ke dokter.

Infeksi kronis

Infeksi virus yang menyerang berupa bronkitis kronis. Ketika sakit ini berulang dan ada rasa ketidaknyamanan di dada, segera konsultasikan ke dokter. Siapa tahu itu gejala kanker paru-paru.

Kehilangan berat badan

Tumor ganas dapat membuat protein menurunkan berat badan Anda. Buruknya lagi, kanker yang disebabkan tumor ganas bisa meredam nafsu makan.

Sakit tulang dan sendi

Jack Jacoub, MD, seorang ahli onkologi medis dan direktur onkologi toraks di MemorialCare Cancer Institute, mengatakan apabila kanker paru-paru telah menyebar ke organ lain dalam tubuh, biasanya pasien mengalami nyeri pada tulang atau sendi.

Kelelahan super

Berbeda dengan rasa lelah seperti biasanya, Jacoub mengungkapkan, 80 persen pasien kanker mengalami kelelahan yang berlebihan sebagai bagian dari gejala.

Tingkat kalsium yang tinggi

Kanker paru-paru memicu zat hormon tertentu untuk mengganggu keseimbangan mineral dalam tubuh. Dakam beberapa kasus, kata McKenna, kelebihan kalsium akhirnya dilepaskan pada aliran darah. Kelebihan kalsium biasanya ditandai dengan sering air buang air kecil, haus berlebihan, sembelit, mual, nyeri perut, pusing.

Pembengkakan pada wajah dan leher

Ketika tumor ganas menekan vena besar yang membawa darah dari kepala dan lengan ke jantung, mungkin seseorang ditemukan dengan pembengkakan pada leher dan wajah. Bila Anda melihat adanya gejala gabungan, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini