nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Lakukan 5 Hal Ini saat Menderita Infeksi Saluran Kemih

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Minggu 08 Januari 2017 10:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 01 07 481 1585612 jangan-lakukan-5-hal-ini-saat-menderita-infeksi-saluran-kemih-eKdFpesnpR.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

INFEKSI saluran kemih dapat menyebabkan gejala seperti sering buang air kecil, nyeri panggul, dan banyak lagi. Namun, kegiatan tertentu dapat memperburuk gejala.

Menurut dr Arundhati Dhar, ada beberapa hal yang perlu dihindari ketika Anda mengalami infeksi saluran kemih (ISK), dilansir dari laman Thehealthsite, Minggu (8/1/2017).

Tidak minum air

Sering buang air kecil dapat membersihkan dinding saluran kemih. Menunda minum air putih membuat Anda jarang pergi ke toilet untuk buang air kecil. Cara ini bisa membuat bakteri terus berkembang.

Menahan pipis

Kebiasaan menahan pipis membuat kuman mengambang di dalam kandung kemih Anda. Bukannya sembuh, kuman ini bisa saja bertumbuh. Oleh karena itu, ada baiknya tidak menahan pipis, terutama ketika Anda mengalami ISK.

Mengobatinya sendiri

Bila Anda telah menempuh berbagai cara untuk menyembuhkan ISK, sementara infeksi tidak kunjung sembuh, segeralah berkunjung ke dokter. Membiarkan ISK terlalu lama memungkinkan infeksi menyebar.

Menghentikan antibiotik

Bila Anda diberi antibiotik oleh dokter, habiskan sesuai dengan aturan yang diresepkan. Mengehentikan konsumsi antibiotik sebelum waktunya, justru memberi jalan bakteri untuk melawan fungsi obat.

Bercinta

Puasa bercinta sementara waktu bisa membantu penyembuhan ISK. Hal ini dapat mendorong bakteri dari Miss V ke kandung kemih dan mengakibatkan terjadinya infeksi baru.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini