5 Manusia Berusia 1 Abad Ungkap Rahasia Panjang Umur

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Minggu 08 Januari 2017 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 07 481 1585701 5-manusia-berusia-1-abad-ungkap-rahasia-panjang-umur-mgYggwPLPG.jpg Josefa Guillen berusia 103 tahun (Foto: Dailymail)

PERNAH bertanya-tanya mengapa ada saja orang tua yang bisa hidup dengan usia melebihi satu abad? Apa sih rahasianya?

Spanyol, menjadi negara yang memiliki angka harapan hidup cukup tinggi, menurut data OECD 2013. Rata-rata harapan hidup mencapai 83,2 tahun.

Melansir Dailymail, Minggu (8/1/2017), beberapa orang tua yang berusia 100 tahun lebih mengungkap rahasia panjang umur mereka. Simak apa saja rahasia kesehatan yang selama ini mereka pendam.

Satu sendok madu setiap hari

Rafaela Pons, wanita berusia 102 tahun itu berasal dari Ferreries di Pulau Balearic, Spanyol. Meski tinggal sendirian, Pons selalu dikunjungi putrinya setiap hari. Selain itu, ia selalu minum sesendok madu setiap hari.

Percaya diri

Wanita berusia 100 tahun itu tinggal di La Adrada, Avila, Spanyol. Namanya Lucia Manzano dan ia selalu mengenang masa pahit peperangan di bawah kediktatoran Francisco Franco pada 1930an. Meski pernah dirundung kesedihan, Manzano punya keyakinan untuk selalu percaya akan kekuatannya untuk hidup. Menurutnya hal terpenting adalah setia kepada diri sendiri.

Baca buku dan tampil

Maximino San Miguel aktif dalam drama amatir pada usia 80 tahun. Hingga di usianya yang menginjak 102 tahun, Miguel selalu rajin membaca buku dan kedua aktivitas itu membuatnya kembali bertenaga.

Penyakit serius

Eperanza Fernandez berusia 103 tahun. Ia tinggal di Spanyol Tengah bersama anak-anaknya. Dia ingat, ketika wabah influenza membunuh hampir setengah desanya sebagai seorang anak. Ayahnya betul-betul melindungi keluarga mereka. Rumah terkunci dan tidak boleh ada orang yang masuk. Bagaimanapun, tangani sebuah penyakit secara seius membuat Fernandez bisa hidup lebih dari 100 abad.

Makan gazpacho

Maria Josefa Guillen berusia 103 tahun tinggal di Cazalla de la Sierra, Spanyol Selatan. Apa yang menjadi kebiasaan sehatnya? Guillen begitu mencintai gazpacho, sup dengan campuran tomat dan timun. Makann tradisional ini memiliki nilai gizi yang baik dan ia selalu membuatkan untuk anak-anaknya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini