Ini Pasta Terlangka di Dunia Berusia 300 Tahun

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 09 Januari 2017 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 09 298 1586962 ini-pasta-terlangka-di-dunia-berusia-300-tahun-hgTat1m7b3.jpg Pasta terlangka di dunia berusia 300 tahun (Foto: Youtube)

SELAIN pizza, pasta merupakan hidangan khas Italia yang sangat digemari banyak orang. Secara khusus, pasta memiliki sejumlah varian yang berbeda seperti, macaroni, spaghetti, fusilli, pene, dan masih banyak lagi.

Namun ternyata, di salah satu kota kecil di Pulau Sardinia, Italia, yakni Nuoro, terdapat jenis pasta paling langka di dunia yang disebut su filindeu. Jika dilihat secara sekilas, pasta ini memiliki bentuk seperti benang wol.

Beberapa waktu lalu, celebrity chef Jamie Oliver telah mengunjungi Kota Nuoro, untuk mempelajari langsung cara mengolah pasta berumur 300 tahun itu.

Berdasarkan pengalamannya tersebut, Jamie menemukan bahwa su filindeu diolah menggunakan teknik yang sangat unik. Pasta ini dibuat dengan menggunakan dua tangan sekaligus, dengan teknik pengolahannya yang cukup rumit.

Bagaimana tidak? adonan harus dilipat menjadi 265 helaian yang sangat tipis dengan tekstur dan ketebalan yang sama. Setelah itu, tiap helai pasta akan disusun menjadi tiga pola menyilang di atas sebuah wadah berbentuk lingkaran. Kemudian pasta akan dijemur di bawah terik matahari hingga mengering.

Su filindeu sendiri merupakan resep tradisional milik keluarga Abraini, yang telah diturunkan secara turun temurun kepada generasi keluarga mereka selama lebih dari 300 tahun. Demikian dilansir dari The Daily Meal, Senin (9/1/2017).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini