4 Kesalahan yang Dilakukan saat Menggunakan Talenan Kayu

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 10 Januari 2017 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 09 298 1587067 4-kesalahan-yang-dilakukan-saat-menggunakan-talenan-kayu-aIglrNRCJc.jpg Kesalahan dalam menggunakan talenan kayu (Foto: Shutterstock)

TALENAN merupakan salah satu alat bantu utama yang digunakan untuk mengolah masakan. Bahan talenan yang paling baik digunakan adalah yang terbuat dari kayu, tapi ternyata menggunakan talenan kayu tidak boleh sembarangan.

Dilansir dari Prevention, Selasa (10/1/2017) ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat menggunakan talenan kayu. Kenali ciri dan tanda bahayanya dan jangan lakukan kesalahan yang sama pada talenan di rumah.

Menggunakan satu talenan untuk semua jenis makanan

Talenan memang memiliki fungsi sebagai alas potong untuk segala jenis bahan makanan tapi mencampur penggunaan talenan kayu untuk semua bahan makanan adalah salah. Apalagi jika talenan digunakan bersama antara daging, buah, dan sayuran. Bakteri seperti E coli dan salmonella akan mencemari talenan dan bukan tidak mungkin akan terjadi kontaminasi silang antar bahan makanan yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Talenan khusus untuk si penderita alergi

Orang yang alergi pada satu jenis makanan akan sangat menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Orang yang alergi sebaiknya memiliki alat masak khusus sendiri termasuk talenan. Karena biar sudah dicuci hingga bersihpun talenan masih mungkin menyisakan bahan makanan yang menempel pada talenan dan bisa menjadi ancaman gangguan bagi penderita alergi.

Cuci dengan benar

Mencuci talenan kayu memang susah-susah gampang. Anda tak perlu tenaga ekstra untuk membersihkan permukaannya tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencucinya. Talenan kayu tidak boleh direndam dalam air karena akan membuatnya retak, Jika talenan kayu terasa berbau maka cukup menaburkan baking soda atau menggosoknya dengan irisan jeruk lemon untuk membuatnya kembali bersih dan harum. Usai dicuci jangan lupa untuk membiarkannya hingga benar-benar kering sebelum disimpan.

Lupa cara merawatnya

Talenan kayu memang tidak memerlukan banyak perkatian layaknya keramik mewah yang mahal, tapi sesekali Anda juga harus menjaganya dari kerusakan. Cara paling mudah untuk menjaga agar talenan kayu tetap awet adalah dengan memberinya minyak. Mencuci talenan kayu setiap hari akan membuat permukaannya kering dan berkerak, bahkan tak jarang menjadi retak. Dengan mengoles minyak pada permukaan talenan akan membuatnya semakin kinclong dan tetap lembab. Lakukan perawatan ini cukup sebulan sekali.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini