6 Gejala Asam Lambung yang Mudah Dikenali

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 09 Januari 2017 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 09 481 1586585 6-gejala-asam-lambung-yang-mudah-dikenali-8F95xGvePh.jpg Asam lambung (Foto: Ist)

ASAM lambung kerap dialami seseorang yang akan membuatnya merasakan nyeri di perut seperti terkena maag. Tapi ada gejala lain yang lebih fatal yang seharusnya Anda kenali.

Berikut adalah enam gejala asam lambung yang mungkin Anda alami tanpa disadari. Simak penjelasannya, dilansir Health, Senin (9/1/2017).

Batuk

Karena asam labung juga berkaitan dengan gangguan pernapasan, Anda akan mengalami batuk kronis dan mengi. Itu disebabkan karena perut yang terasa mulas, yang akan berpengaruh ke paru-paru.

Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan juga bakal dialami penderita asam lambung jika kambuh. Tidak cuma terasa sakit, pernapasan Anda akan terganggu seperti halnya muncul gejala flu.

Suara serak

Saat perut mulas disertai suara serak, hati-hati Anda menderita asam lambung. Karenanya, gejala penyakit ini berkaitan ke kerongkongan, sehingga dapat mengiritasi pita suara Anda. Maka, terjadilah suara serak di saat asam lambung Anda kambuh.

Mulut terasa pahit

Kadang-kadang asam lambung juga memengaruhi kondisi mulut. Ya, mulut Anda terasa pahit saat makan sesuatu, sama halnya di saat Anda mengalami demam. Jika hal itu terjadi pada Anda, segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

Dada sesak

Penderita asam lambung juga bakal mengalami dada sesak yang membuatnya tidak nyaman. Tapi jika terus dibiarkan, gejala asam lambung dapat mengarah ke penyakit jantung, apalagi kalau sudah ada gejala hipertensi dan sebagainya.

Nyeri perut setelah makan

Hal yang mudah dikenali dari gejala asam lambung yakni Anda akan mengalami nyeri perut, tepatnya di bagian lambung. Biasanya hal ini kerap terjadi saat usia makan besar, mengonsumsi makanan berlemak, minum alkohol, dan sebagainya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini