nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyakit yang Ditimbulkan Akibat Kekurangan Vitamin D

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 09 Januari 2017 13:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 01 09 481 1586623 penyakit-yang-ditimbulkan-akibat-kekurangan-vitamin-d-mz4nVNqN3x.jpg Kekurangan vitamin D (Foto: Genemedics Health)

Jangan abaikan asupan vitamin D jika Anda tak ingin menderita penyakit mematikan di usia tua. Vitamin D bisa didapat dari asupan makanan dan paling penting adalah paparan sinar matahari pagi.

Karena jika Anda kekurangan vitamin D, ada 5 penyakit berbahaya yang bakal Anda alami, sebagaimana dilansir Everydayhealth, Senin (9/1/2017).

Demensia

Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Neurology menemukan, seseorang yang kurang mendapatkan vitamin D, dua kali lipat berisiko menderita demensia dan alzheimer di usia tua. Demensia sama dengan pikun, yang mana kasus ini sudah dialami orang-orang usia 50 tahunan.

Kanker prostat

Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Cancer Research menemukan hubungan antara kadar vitamin D rendah dan kanker prostat agresif pada pria Eropa-Amerika dan Afrika-Amerika.

Peneliti melihat kadar vitamin D pada 667 pria berusia 40-79 tahun yang menjalani biopsi prostat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria Afrika-Amerika dengan tingkat vitamin D rendah, lebih mungkin untuk menderita kanker prostat.

Disfungsi ereksi

Pria juga tidak boleh mengalami masalah kekurangan vitamin D. Pada kehidupan seksnya dapat berpengaruh ke masalah disfungsi ereksi. Jika disfungsi ereksi terus dibiarkan, nanti juga akan berpengaruh menjadi penyakit diabetes, kanker prostat, dan tekanan darah tinggi.

Skizofrenia

Orang yang kekurangan vitamin D dua kali lebih mungkin menderita skizofrenia dibandingkan orang yang cukup asupan vitamin D. Skizofrenia adalah gangguan otak parah yang memengaruhi orang usia 16-30 tahun. Karena mengidap skizofrenia, kualitas hidupnya akan menurun terutama saat tidak mendapatkan terapi. Adapun gejala skizofrenia yang mudah dikenali adalah halusinasi, bicara ngawur, sulit fokus, dan masih banyak lainnya.

Penyakit jantung

Berdasarkan penelitian yang dipresentasikan pada American College of Cardiology, kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan kasus-kasus yang lebih parah dari penyakit jantung. Anda harus mewaspadainya, karena salah satunya mungkin serangan jantung bisa Anda alami kapan saja dalam situasi apapun.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini