Harga Cabai Naik, Ini Trik Bikin Suguhan Pedas Tanpa Cabai ala Juri MasterChef Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 10 Januari 2017 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 10 298 1588014 harga-cabai-naik-ini-trik-bikin-suguhan-pedas-tanpa-cabai-ala-juri-masterchef-indonesia-27L5z2rkNg.jpg Lada bisa jadi pengganti cabai untuk suguhkan kuliner pedas (Foto: Spices)

SUDAH hampir dua pekan ini harga cabai mengalami kenaikan drastis. Jika sebelumnya cabai merah keriting dijual seharga Rp70.000 per kilogram, kini harga cabai keriting sudah setara dengan 1 kilogram daging sapi, yakni Rp120.000.

Hal ini tentunya merupakan kabar buruk bagi para pencinta kuliner, khususnya mereka yang tidak bisa lepas dari makanan bercita rasa pedas. Kendati demikian, ada sejumlah cara untuk menyiasati kenaikan harga tersebut.

"Kalau memang dirasa harga cabai didaerah tertentu sudah sangat tinggi dan terpaksa mencari alternatif lain sambil menunggu harga kembali stabil, masyarakat Indonesia bisa membuat masakan yang menggunakan merica walaupun rasa pedas merica berbeda dengan rasa pedas cabai," tutur Chef Degan Septoadji saat dihubungi Okezone via telepon, Selasa (10/1/2017).

Salah satu mantan juri Junir MasterChef Indonesia itu juga sempat menerangkan, beberapa suguhan lezat yang dapat Anda olah tanpa harus menggunakan cabai keriting, rawit, maupun cabai merah besar.

"Bermodalkan merica, Anda bisa membuat daging tumis lada hitam atau kepiting lada hitam, atau ayam bakar lada hitam di rumah. Makanan ini memiliki sensasi pedas yang khas. Selain itu, Anda juga bisa memasak menggunakan cabai kering atau cabai bubuk," pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini