nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PERISKOP 2017: Bersantap, Orang akan Lebih Mencari Makanan Porsi Kecil

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 11 Januari 2017 07:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 01 10 298 1588115 periskop-2017-bersantap-orang-akan-lebih-mencari-makanan-porsi-kecil-7GBYyOiz6R.jpg Orang akan lebih mencari makanan porsi kecil (Foto:Canape)

MENGAWALI 2017, sejumlah tren makanan unik mulai bermunculan di sejumlah negara. Tren tersebut dicetuskan demi memenuhi hasrat para konsumen terhadap hal-hal yang baru. Mungkin sebagian orang sudah merasa bosan dengan jenis makanan yang itu-itu saja.

Dilansir dari The Press and Journal, Selasa (11/1/2017), berikut beberapa tren makanan yang diprediksi akan booming di sepanjang 2017.

Makanan berbahan dasar sayuran

Tahun 2017 diprediksi akan menjadi tahunnya para penganut pola makan vegetarian dan vegan. "Para chef semakin antusias untuk mengolah hidangan vegetarian. Buktinya, sudah banyak hidangan-hidangan kreatif yang kini disajikan sejumlah restoran," tutur Chef Luis dari Asia De Cuba.

Hal serupa juga diakui oleh Ian Howard, seorang chef dari Babaylon at The Roof Garden. Menurutnya, sejak 2016 para pencinta makanan mulai mencari jenis makanan yang sehat. "Tren makanan berbasis sayuran akan terus meningkat sepanjang 2017 ini. Hidangan tersebut tampaknya akan diolah dengan berbagai variasi baru seperti menggunakan yogurt, acar, dan minyak," pungkasnya.

Makanan berporsi kecil

Sejak 2016, restoran berkonsep small dishes (makanan kecil) mulai bermunculan seiring meningkatnya permintaan konsumen. Tren ini juga disinyalir akan semakin digemari para pecinta kuliner di sepanjang tahun 2017.

 

"Semua orang sudah sangat sibuk dengan aktivitas mereka masing-masing. Oleh karena itu, tren makanan mini tampaknya akan semakin digemari oleh berbagai kalangan karena praktis untuk disantap di mana saja. Tren ini juga mencakup finger food atau canape yang sempat booming di 2016 lalu,” tuturnya.

Makanan penutup bercita rasa gurih

Lupakan tiramisu, cheesecake, pudding dan makanan manis lainnya. Tahun ini, tren makanan pencuci mulut akan condong pada rasa terbaru yang lebih gurih dan khas.

“Makanan bercita rasa gurih akan mengalahkan makanan manis di tahun baru ini. Namun, kami memprediksi akan banyak hidangan manis yang akan memanfaatkan bahan dasar gurih. Misalnya sweet beetroot dikombinasikan dengan cokelat,” kata Chef Atul Kochtar dari Benares.

Plankton dan arang

Chef Sergio Sanz Blanco dari Ametsa with Arzak Instruction mengatakan, “Plankton biasanya digunakan dalam industri medis dan dikemas dalam bentuk Omega-3 dan protein. Namun, belakangan ini hewan laut itu sudah menjadi salah satu bahan masakan di berbagai restoran ternama di dunia,” tutur Sergio.

 

Lebih lanjut Sergio mengatakan, selain makanan berbahan dasar plankton ternyata tren makanan berbahan charcoal (arang) juga akan semakin menggeliat di sepanjang 2017.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini