Finger Lime, Garnish Baru untuk Bikin Koktail Makin Eksotis

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 10 Januari 2017 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 10 298 1588213 finger-lime-garnish-baru-untuk-bikin-koktail-makin-eksotis-XDR6gUjUrS.jpg Lime fingers (Foto: Metro)

HAL yang diharapkan dari segelas koktail tentu saja rasanya tapi banyak faktor lain yang juga turut mempengaruhi bukan hanya rasa tapi juga tampilannya. Ginger lime pearl adalah bahan tambahan sekaligus garnish pada alkohol yang membuat rasanya semakin nendang.

Dilansir dari Metro, Selasa (10/1/2017) ada hiasan baru yang bisa jadi bahan tambahan koktail yang bukan hanya membuat tampilannya semakin cantik tai juga rasanya semakin eksotis. Buah finger lime memiliki bentuk yang kecil seperti jari-jemari namun di dalamnya terdapat bulir kecil yang terlihat seperti mutiara caviar.

Bulir buah ini disebut caviar karena bulir ini akan pecah di mulut layaknya caviar, namun menimbulkan rasa dan aroma lemon yang halus dan tipis. Seorang chef, Anthony Zappola mengatakan pada LA Times tentang buah ini. โ€œKetika bulir pecah di dalam mulut maka akan ada ledakan rasa. Orang yang minum koktail ini juga akan mendapat kejutan ringan seolah hasil teknik pengolahan padahal ini adalah reaksi alami dari bulir buah,โ€ kata Chef Zappola.

Finger lime adalah buah dari jenis jeruk-jerukan yang memiliki bentuk panjang seperti jari. Buah ini banyak tumbuh di Australia, kulit buahnya berwarna hijau atau ungu sementara bagian dalamnya berupa mutiara kecil yang jumlahnya ratusan. Bulir buah inilah yang dijadikan garnish pada berbagai jenis koktail dan minuman .

Yang membuatnya unik adalah warna kulit finger lime tidak bisa menjadi indikasi warna bulir mutiaranya. Setiap finger lime memiliki warna bulir yang sangat bervariasi seperti hujau, kuning, merah muda, merah terang bahkan ungu.

Untuk mendapatkan bulir mutiara yang utuh, buah ini harus terlebih dulu dipotong menjadi dua bagian kemudian meremasnya perlahan seperti tengah menekan pasta gigi. Cara ini bisa membuat bulirnya keluar dengan otomatis. Jika sudah seperti ini maka bulir mutiara ini bisa dipakai sebagai campuran dalam koktail atau disimpan dalam lemari es untuk penggunaan berikutnya.

Bulir mutiara dari finger lime bisa disimpan dalam lemari es selama dua hingga tiga minggu. Selain digunakan sebagai campuran dalam koktail, Anda juga bisa menggunakannya sebagai campuran minuman dengan cara mengirisnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini