Image

Hiiii... Penelitian Ungkapkan Ada Bakteri Tinja di Janggut Pria!

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Rabu 11 Januari 2017, 06:17 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 01 10 481 1588009 hiiii penelitian ungkapkan ada bakteri tinja di janggut pria f56PRzmKSZ.jpg Pria berjanggut (Foto: Ilustrasi)

MEMBIARKAN janggut tumbuh panjang, menjadi salah satu tren yang digandrungi pria beberapa tahun terakhir. Tentu, pria akan merasa lebih jantan dan seksi ketika mereka menumbuhkan janggut mereka. Ternyata, sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan janggut pria sama kotornya dengan toilet. Ih, masa sih?

John Golobic, seorang mikrobiologis dari Quest Diagnostics, melakukan penelitian terhadap beberapa orang pria. Ia tak menduga mendapat hasil yang amat mengejutkan. Beberapa janggut yang diuji memiliki bakteri normal, tetapi tidak semua janggut memiliki bakteri yang begitu kotor seperti di toilet.

"Ada beberapa bakteri yang bisa Anda temukan (di tinja)," ucap Golobic merajuk pada hasil tes yang dilakukan.

Meski sebagian besar bakteri tidak akan menyebabkan penyakit, tetapi ia mengatakan bahwa kondisi ini cukup mengkhawatirkan. Golobic menambahkan, bila bakteri ditemukan pada air, bakteri bisa dibunuh dengan disinfektan. Tetapi beda halnya ketika bakteri ditemuka pada janggut pria.

Melihat kondisi ini, Golobic menyarankan para pria perlu menggosok dan mencuci tangan beberapa kali dalam sehari. Hal penting yang tak boleh ketinggalah adalah menjaga tangan mereka agar tidak sesering mungkin menyentuh wajah. Inilah yang membuat bakteri berkembang di wajah seseorang.

Penelitian ini memang mengejutkan dan membuka mata Anda. Namun, tidak ada salahnya untuk tetap mejaga kebersihan, tidak hanya tangan, tetapi janggut dan bagian tubuh Anda lainnya. Demikian dilansir dari Thehealthsite, Rabu (11/1/2017).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini