Image

TOP TRAVEL 3: Ini yang Harus Dilakukan Penyelam saat Bertemu "Makhluk Aneh" di Laut

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 14 Januari 2017, 16:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 01 11 406 1589018 top-travel-3-ini-yang-harus-dilakukan-penyelam-saat-bertemu-makhluk-aneh-di-laut-oJ1QpSpCHq.jpg Menyelam di laut (Foto: Oceandimensions)

TANTANGAN saat menyelam bukan hanya kedalaman dan dinginnya air laut. Makhluk-makhluk aneh yang bisa ditemukan di kedalaman juga bisa menjadi tantangan sendiri bagi para penyelam, terutama yang masih pemula.

Keberadaan hiu, ubur-ubur, atau manta mungkin akan diinfokan di lokasi menyelam, tapi apa yang harus dilakukan saat Anda menghadapi makhluk-makhluk mengerikan seperti itu? Berikut beberapa penjelasannya, seperti dikutip dari CNTraveler, Senin (9/1/2017).

Jangan agresif di hadapan hiu

“Penyelam tidak berpengalaman selalu khawatir dengan hiu," kata Laura Tyrell, seorang ahli menyelam Cabo Adventures di Los Cabos, Meksiko. "Padahal kebanyakan hiu tidak berbahaya dan harus dihormati dengan tidak menyentuh, mengejar, atau melecehkannya.”

Sementara hiu besar selalu penasaran, tetap hadapi hiu, rendah hati, dan mundur perlahan-lahan jika Anda merasa terancam. Tapi dalam kasus hiu menyerang, Internasional Shark Attack menyarankan agar penyelam menyerang hidung dan matanya yang sensitif, daripada insang.

Jangan sentuh belut moray

"Belut moray mungkin nampak keren untuk difoto, tapi hewan ini berpotensi untuk menimbulkan bahaya. Makhluk ini bisa terlihat jahat dan kerap bersembunyi di celah batu karang dan muncul tiba-tiba. Jika hewan ini menggigit, jangan masukkan tangan Anda ke dalam lubang persembunyian mereka. Jadi jaga jarak, tidak menyentuh, dan cukup amati dari jauh,” kata Tyrell.

Jangan berenang dekat ubur-ubur

Setelah hiu dan belut moray, ubur-ubur adalah hewan paling berbahaya ketiga, kata Tyrell.

"Ketika berenang di antara mereka, penyelam harus memberi jarak. Jika sudah terlalu dekat, penyelam bisa menggunakan corong kedua mereka menyemburkan udara dan mendorong mereka. Jika tersengat, ikuti panduan umum, seperti gunakan air panas dan cuka,” saran Tyrell.

Nikmati manta ray yang berenang di dekat penyelam

Satu-satunya hewan yang pemula akan takjub saat pertama ditemui adalah ikan pari. Jika mereka adalah ikan pari beracun, maka bergerak mundur adalah cara untuk mengelabui mereka bahwa Anda datang.

Sementara dengan manta ray, yang suka berenang di antara gelombang sehingga sering disalah sangka sebagai hiu, adalah makhluk bersayap yang bisa Anda nikmati keindahannya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini