Tips Mengatasi Sakit Perut ketika Bangun Tidur di Pagi Hari

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 14 Januari 2017 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 13 481 1590784 tips-mengatasi-sakit-perut-ketika-bangun-tidur-di-pagi-hari-gvT8CPB5CY.jpg Ilustrasi (Foto: Selfcares)

BAYANGKAN, ketika bangun tidur di pagi hari tiba-tiba perut terasa sangat sakit. Hal ini tentu dapat merusak seluruh hari Anda, tetapi apa penyebabnya?

Sakit perut adalah salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh banyak orang, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Masing-masing dari kita akan mengalami beberapa jenis sakit perut, setidaknya beberapa kali dalam hidup.

Perlu Anda tahu, ada berbagai jenis sakit perut yang dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Salah satu penyebab paling umum dari sakit perut adalah gastritis atau akumulasi gas dalam perut, di mana menimbulkan tekanan pada otot dan jaringan yang menyebabkan rasa sakit.

Kram menstruasi, gangguan pencernaan, keasaman, sakit maag, sembelit, kanker usus besar, makanan yang tidak sehat juga penyebab dari sakit perut. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi sakit perut ketika bangun tidur di pagi hari yang dilansir dari laman Boldsky:

Tips 1

Jika Anda merasa nyeri di bagian bawah perut pada pagi hari, maka cobalah minum air putih, jangan langsung pergi ke kamar mandi untuk buang air besar. Sembelit bisa menjadi akar masalah dari sakit perut setelah bangun tidur.

Tips 2

Hindari minum kopi jika sudah mengalami sakit perut di pagi hari. Karena, kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan peradangan dan memperburuk rasa sakit.

Tips 3

Jika Anda merasakan rasa sakit yang tajam di bagian perut, itu bisa menjadi pertanda gastritis. Cobalah minum air putih hangat yang dicampur dengan jahe untuk mengatasi sakit perut setelah bangun tidur.

Tipe 4

Jika nyeri perut ringan, cobalah melakukan latihan ringan di pagi hari. Karena, kadang-kadang, berolahraga dapat melepaskan gas yang terakumulasi di perut, sehingga menghilangkan rasa sakit.

Tips 5

Jika Anda merasa gastritis menyebabkan banyak kesusahan, maka selalu minum obat antasida. Karena, cara ini dapat memberikan bantuan cepat mengatasi masalah perut kembung dan nyeri di perut.

Tips 6

Anda juga dapat mencoba menempatkan kantong air hangat pada perut Anda. Karena, cara ini dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga mengurangi rasa sakit perut ketika bangun tidur di pagi hari.

Tips 7

Jika nyeri perut ketika bangun tidur di pagi hari masih berlanjut, bahkan setelah minum obat, maka penting untuk segera pergi ke dokter. Hal ini agar dokter menganalisis masalah apa yang Anda hadapi dan memberikan pengobatan tepat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini