nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Ganti Pembalut Setiap 5 Jam Sekali saat Menstruasi

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 15 Januari 2017 09:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 13 481 1591094 pentingnya-ganti-pembalut-setiap-5-jam-sekali-saat-menstruasi-S9qOLBUaAq.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

KETIKA menstruasi, wanita akan lebih menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan mereka. Namun, ada kebiasaan yang sering luput oleh wanita, yaitu lupa mengganti pembalut.

Biasanya, wanita mengganti pembalut ketika dirasa sudah tidak nyaman. Bahkan, beberapa wanita yang bekerja di kantor bisa bertahan tidak mengganti pembalut sampai setibanya di rumah.

Hal ini tentu dapat membahayakan kesehatan organ kewanitaan. Karena itu, berikut ini kita akan membahas kebiasaan yang perlu ditinggalkan ketika menjaga kesehatan organ kewanitaan dan pentingnya mengganti pembalut lebih sering:

Jangan abaikan darah menstruasi mengalir deras

Tidak masalah jika Anda mendekati menopause, tetapi jika sering mengganti tampon atau pembalut dalam waktu singkat, maka aliran darah menstruasi tidak normal. Sudah saatnya berkonsultasi dengan dokter dalam kasus seperti ini.

Tidak mengganti tampon atau pembalut

Mengganti tampon atau pembalut setiap 4-5 jam sekali adalah cara terbaik menghindari masalah di organ kewanitaan selama menstruasi. Jika tidak, maka dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti infeksi, ruam, dan sensasi gatal.

Mengobati infeksi jamur sendiri

Mengobati infeksi jamur sendiri hanya akan memperburuk masalah Anda. Selalu lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter, bukannya berupaya menyembuhkan sendiri. Dilansir dari laman Boldsky, Minggu (15/1/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini