6 Perubahan Gaya Hidup untuk Mengurangi Keparahan Endometriosis

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 16 Januari 2017 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 13 481 1591282 6-perubahan-gaya-hidup-untuk-mengurangi-keparahan-endometriosis-2umBMttXsU.jpg Ilustrasi (Foto: Stylecraze)

SALAH satu masalah kesehatan yang membayangi wanita di usia produktif adalah endometriosis. Sayangnya, banyak wanita tidak menyadari jika mereka memiliki masalah kesehatan ini.

Endometriosis atau kista coklat adalah suatu kondisi di mana kelenjar endometriosis tumbuh di luar rongga rahim yang menyebabkan peradangan. Rasa sakit akibat endometriosis ini sering tidak tertahankan dan dapat memengaruhi produktivitas dan kesuburan wanita.

Sayangnya, belum diketahui penyebab pasti dari endometriosis, tetapi berhubungan kuat dengan gaya hidup yang tidak sehat. Karenanya, menurut ahli gizi Geeta Shenoy, perubahan gaya hidup yang tepat dapat mengurangi keparahan endometriosis.

Berikut 6 perubahan gaya hidup yang dapat membuat Anda mengurangi keparahan endometriosis, dilansir dari laman Thehealthsite:

Tidur tepat waktu

Tidur malam yang baik bisa membuat Anda merasa segar dan cantik di hari berikutnya. Di sisi lain, kurang tidur kronis dapat memengaruhi sistem endokrin yang kemudian mengarah ke perubahan pola sekresi hormon. Jadi, biasanya untuk tidur tepat waktu setiap malam.

Jangan lupa berolahraga

Olahraga berperan untuk mengurangi estrogen berlebih dalam tubuh. Meskipun Anda ingin memiliki hari-hari hanya dengan meringkuk di tempat tidur, upayakan untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Shenoy menekankan pada pentingnya membuat jadwal olahraga menjadi bagian dari rutinitas.

Jaga berat badan

"Banyak wanita dengan endometriosis juga kelebihan berat badan. Disarankan bagi mereka mengurangi berat badan melalui diet yang tepat dan berolahraga," ujar Shenoy.

Lebih lanjut, Shenoy menyarankan untuk menghitung kalori setiap kali makan. Hal ini untuk mencegah Anda mengonsumsi banyak kalori dalam sehari.

Makan dengan tepat

Sertakan buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan dan lemak sehat dalam diet Anda. Tingkatkan asupan serat dan mengurangi makanan olahan, terutama yang tinggi monosodium glutamat. Perubahan kecil dari pola makan Anda akan mengubah kondisi kesehatan.

Cegah kecanduan

Jauhi minuman keras dan mengurangi ketergantungan pada kafein. Organ liver bertanggungjawab untuk menghilangkan estrogen yang berlebihan dari sistem tubuh. Alkohol membebani liver, sehingga memengaruhi kemampuannya untuk berfungsi dengan baik. Kafein dapat meningkatkan kadar estrogen yang menyebabkan endometriosis atau memperburuk gejala.

Mengurangi stres dan bersantai

Mungkin ada korelasi antara stres dan endometriosis. Shenoy mencatat bahwa banyak wanita yang mengalami stres dalam kehidupan mereka juga menderita endometriosis. Cari cara untuk melepas lelah, misalnya yoga, meditas atau berbincang-bincang positif dengan teman-teman.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini