Diet Tepat untuk Wanita yang Menderita Endometriosis

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 15 Januari 2017 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 13 481 1591287 diet-tepat-untuk-wanita-yang-menderita-endometriosis-aG9AORGksy.jpg Ilustrasi (Foto: Catchcelebs)

BANYAK wanita tidak menyadari telah menderita endometriosis. Sayangnya, endometriosis dapat berdampak buruk bagi kesuburan wanita.

Endometriosis atau kista coklat adalah suatu kondisi di mana kelenjar endometriosis tumbuh di luar rongga rahim yang menyebabkan peradangan. Rasa sakit akibat endometriosis ini sering tidak tertahankan dan dapat memengaruhi produktivitas wanita.

Sementara, endometriosis sering ditandai dengan gejala seperti nyeri haid, nyeri senggama, nyeri panggul kronis, nyeri buang air besar, nyeri buang air kecil, perdarahan, dan gangguan kesuburan. Tetapi, melalui diet yang tepat, banyak gejala dari endometriosis dapat dikelola secara efektif.

Ahli gizi di Mumbai, Geeta Shenoy merekomendasikan perubahan pola makan untuk wanita yang menderita endometriosis. Hal ini untuk mengatasi rasa sakit, mengurangi peradangan dan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh.

Berikut diet tepat untuk wanita yang menderita endometriosis seperti dilansir Thehealthsite:

Makan diet seimbang

Untuk kondisi kesehatan apapun, diet seimbang sangat baik dijalani. Menurut ahli gizi, Shenoy, memastikan memakan berbagai makanan yang menyediakan nutrisi cukup penting bagi penderita endometriosis. Konsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dan lemak sehat untuk mengendalikan endometriosis.

Kurangi makanan pemicu inflamasi

"Endometriosis pada dasarnya adalah kondisi peradangan. Jadi, hindari makanan yang dapat menyebabkan peradangan," kata ahli gizi Shenoy.

Makanan yang dapat menyebabkan peradangan di antaranya, gula, tepung halus, lemak jenuh dan susu. Menghindari makanan-makanan tersebut akan membantu mengurangi peradangan dan gejala endometriosis. Di sisi lain, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengurangi peradangan, seperti kunyit, jahe dan teh hijau.

Makanan tinggi serat

Wanita direkomendasikan diet tinggi serat untuk wanita yang menderita endometriosis. Jadi, masukkan banyak buah-buahan segar dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Ini akan membawa kadar estrogen Anda ke kisaran normal.

Omega 3

Asam lemak omega 3 memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi ikan berminyak atau suplemen dapat membantu mengelola gejala endometriosis. Jika Anda vegetarian, bisa mendapatkan asam lemak omega 3 dari biji rami dan kenari.

Hindari produk kedelai

Para ahli diet biasanya akan merekomendasikan untuk menghilangkan produk kedelai jika Anda endometriosis. Karena, meskipun kaya protein dan serat, kedelai dapat meningkatkan kadar estrogen yang bisa berdampak buruk bagi seseorang yang menderita endometriosis.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini