nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ladies, Ini Arti Darah Menstruasi yang Berubah-ubah

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Minggu 15 Januari 2017 12:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 01 13 481 1591292 ladies-ini-arti-darah-menstruasi-yang-berubah-ubah-fVMewYxWHk.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

PERNAHKAN bertanya-tanya mengapa darah menstruasi Anda berbeda dari waktu ke waktu? Terkadang darah yang keluar berupa merah cerah, darah segar, atau gumpalan warna cokelat.

Dr Asha Manu, ahli kandungan, menjelaskan maksud dari warna darah menstruasi yang berubah dan kaitannya dengan kesehatan, dilansir dari Thehealthsite, Minggu (15/1/2017).

Merah cerah

Terlihat seperti darah segar, biasanya terjadi pada hari pertama menstruasi, karena darah yang melapisi dinding rahim meluruh pada awal periode. Warna darah ini juga timbul saat wanita hamil mengalami implantasi.

Aliran darah merah muda

Biasanya terjadi ketika aliran menstruasi cukup sedikit. Namun, aliran merah muda ini bisa saja muncul saat ovulasi, implantasi, atau tanda pra menstruasi.

Kecokelatan

Pada menstruasi hari kedua dan ketiga, darah yang keluar umumnya berwarna kecokelatan. Tak perlu khawatir, karena lapisan dinding rahim yang lebih tua pun meluruh. Bila darah yang keluar disertai bau busuk, kemungkinan terjadi infeksi dalam rahim.

Hitam

Darah berwarna hitam keluar pada akhir masa menstruasi. Stres juga memengaruhi penundaan masa menstruasi, sehingga menyebabkan darah menggelap ketika menstruasi berlangsung.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini