nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Tarian Kalsel Diajukan sebagai Warisan Budaya Nasional

Agregasi Antara, Jurnalis · Senin 16 Januari 2017 12:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 16 406 1592519 2-tarian-kalsel-diajukan-sebagai-warisan-budaya-nasional-iVeWtp1kN2.jpg Tari Kuda Gipang Banjar (Foto: Antara)

BANJARMASIN - Sebanyak dua jenis tarian tradisi Kalimantan Selatan (Kalsel), yakni Topeng Banjar dan Kuda Gipang Banjar diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI untuk dijadikan Warisan Budaya Tak Benda Nasional 2017.

Kepala Taman Budaya Kalsel, Fahrurrazi membenarkan jika dua tarian tradisional itu sudah diusulkan ke Direktur Warisan dan Nilai Budaya di Kemdikbud.

Menurut dia, baru dua kesenian daerah ini yang siap diajukan untuk dinobatkan dan diberi sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Nasional, lantaran deskripsi dan kajian ilmiahnya sudah rampung.

"Saya sendiri yang membuat kajian dan turun ke lapangan membuat datanya," ujar Fahrurrazi, Senin (16/1/2017).

Menurutnya, ada satu kesenian tradisi lagi yang tengah diupayakan untuk bisa diusulkan, yakni Musik Panting. "Kita harap ada kajiannya bisa selesai secepatnya, hingga ada tambahan," paparnya.

Yang sebenarnya perlu diupayakan juga untuk mendapat pengakuan dari pemerintah pusat sebagai warisan kebudayaan daerah Kalsel lanjut Fahrurrazi, ialah bidang resep kuliner.

"Taman Budaya mendorong ada instansi terkait ikut mengkaji menyiapkan datanya," timpal dia.

Ia menambahkan, sejauh ini sudah ada 16 kesenian budaya Kalsel yang meraih sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Nasional dari total sebanyak 997 buah khazanah Kalsel.

"Sebenarnya warisan budaya kita itu terbanyak kedua setelah Sumatera Utara, yakni, sebanyak 1.328 buah," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini