Cold Pressed Juice Sehat untuk Dikonsumsi, Asalkan...

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Selasa 17 Januari 2017 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 17 481 1593266 cold-pressed-juice-sehat-untuk-dikonsumsi-asalkan-EGLEhwYmfM.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

BEGITU marak cold pressed juice di kalangan para influencer, membuat masyarakat berlomba-lomba ingin menerapkan gaya hidup sehat. Tak ada salahnya mengonsumsi cold pressed juice, tapi Anda juga perlu mengetahui informasi dari produk tersebut.

Leona Victoria, seorang ahli gizi, mengatakan cold pressed juice yang sehat adalah yang dibuat di rumah dan tidak ditambahkan pemanis, seperti madu, gula pasir, dan gula aren.

"Sebenarnya cold pressed juice asal home made dan tanpa tambahan gula itu enggak apa-apa. Tetapi porsinya, sekali minum itu setengah gelas. Berarti 125 ml. Itu bukan buat sehari, tetapi juga dibagi-bagi," jelas Leona di kawasan Menteng Square, Jakarta Pusat, Senin 16 Januari 2017.

Leona mengatakan, label 'detoks' pada kemasan botol produk cold pressed juice, terkadang membuat orang percaya bahwa minuman itu bisa membersihkan racun-racun dari tubuh kita. Padahal, detoksifikasi hanya bisa dikerjakan tubuh kita sendiri, bukan dari minuman atau makanan yang berlabet 'detoks'.

"Tubuh itu sudah detoks sendiri kok. Jus itu jadi sumber vitamin dan mineral," tambahnya.

Konsumsi cold pressed juice ini melengkapi kebutuhan asupan vitamin dan mineral. Cold pressed juice ini baik adanya dikonsumsi oleh mereka yang jarang makan sayur dan buah. Bukanlah efek detoks, cairan dari jus tersebut akan menjaga cairan tubuh tetap terjaga.

"Itu juga hidrasi, jadi nambah cairannya yang masuk. Jadi bukan cairan detoksnya yang masuk, tetapi karena ia mencakupi asupan nutrisi masuk yang dibutuhkannya," simpulnya.

Bagaimanapun, Leona menyarankan untuk makan buah ketimbang minum pressed juice, untuk mendapatkan serat. Setelah buah diubah dalam bentuk cair, serat yang terkandung di dalamnya sudah tidak ada lagi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini