Share

Ternyata seperti Ini Trik Memisahkan Gumpalan Telur Ikan hingga Menjadi Caviar

Santi Andriani, Okezone · Rabu 18 Januari 2017 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 18 298 1594726 ternyata-seperti-ini-trik-memisahkan-gumpalan-telur-ikan-hingga-menjadi-caviar-QPVg2Gkr94.jpg Cara memisahkan telur ikan menjadi caviar (Foto: Takustore)

SAAT disuguhkan sebagai makanan, misalnya seperti sushi, telur ikan salmon disebut sebagai salmon caviar, yang merujuk pada fisiknya yang satu persatu atau butiran. Padahal sama seperti telur ikan pada umumnya, telur ikan biasanya berbentuk gumpalan atau dibungkus dengan selaput tipis.

Lalu pernahkah Anda penasaran atau bertanya-tanya bagaimana telur ikan yang menggumpal itu bisa terpisahkan hingga akhirnya menjadi butiran-butiran?

Jika kebetulan Anda membeli telur ikan dan ingin memisahkan telur-telur ikan tersebut, ternyata ada taktiknya. Namun sepertinya ini hanya bisa dilakukan pada telur ikan yang memang memiliki ukuran agak besar, sehingga tidak hancur.

Sebuah video yang diunggah di jejaring sosial Youtube, mengungkapkan bagaimana cara memisahkan telur-telur ikan tersebut hingga menjadi caviar. Caranya terbilang sederhana.

Akun bernama Morigami, awalnya membeli telur ikan masih wujud aslinya yakni terbungkus dalam selaput tipis. Kemudian ia menempatkan telur pada wadah dan disiram dengan air panas. Berbekal beberapa bilah bambu atau semacam sumpit yang ujungnya diruncingkan dan dijadikan satu, kemudian ia mulai mengaduk-ngaduk telur ikan.

Ternyata demikian caranya memisahkan telur-telur ikan, pada ujung sumpit yang runcing tersangkut selaput-selaput tipis. Setelah beberapa kali adukan, telur ikan dibersihkan dan tampaklah telur ikan sudah menjadi caviar.

Proses belum berhenti sampai di situ. Jika Anda melihat salmon caviar pada sushi atau suguhan lainnya warnanya oranye mentereng, ternyata ini pun ada tipsnya. Untuk lebih lanjutnya, simak video berikut.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini