Waspada, Ternyata Jantung Bisa Menua dan Fatal Akibatnya!

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 18 Januari 2017 10:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 01 18 481 1594306 waspada-ternyata-jantung-bisa-menua-dan-fatal-akibatnya-uq18oGGgCu.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SETIAP orang bisa saja mengalami penuaan jantung seiring bertambahnya usia. Ada beberapa penyebabnya yang berkaitan dengan menurunnya fungsi organ tubuh, juga gangguan metabolisme.

Spesialis Jantung dari Siloam Hospital Kebon Jeruk dr Antono Sutandar SpJP(K) menjelaskan, seseorang yang mengalami penuaan jantung disebabkan karena riwayat tekanan darah tinggi, diabetes, gagal jantung, dan masalah lainnya.

"Pembuluh darah lebih cepat menua daripada usia orang. Apalagi kalau sarafnya rusak cepat menyebabkan gagal jantung," ujarnya saat ditemui di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa 17 Januari 2017.

Bila seseorang mengalami gagal jantung, fungsinya berkurang. Bahkan, pembuluh darah di arteri dapat menyempit dan membahayakan diri Anda.

Menurut dr Antono, biasanya penyakit ini dialami lansia di atas 60 tahun. Tapi risikonya lebih besar diderita oleh wanita di atas 75 tahun.

"Kalau jantung menua akan banyak masalah yang dialami pasien. Yang paling sering yaitu kelainan irama jantung yang tidak pernah disadari oleh pasiennya," simpul dr Antono.

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini