Bunda, Perhatikan 4 Hal Ini bila si Kecil Sakit Cacar Air

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Rabu 18 Januari 2017 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 18 481 1594440 bunda-perhatikan-4-hal-ini-bila-si-kecil-sakit-cacar-air-lcS8uPGwz1.jpg Cacar air (Foto: Independent)

CACAR air merupakan penyakit yang menular. Bila si kecil sedang mengalami cacar air, Anda perlu memerhatikan beberapa tertentu agar ia tidak menularkan kakak atau adiknya.

Dr Pradip Shah, dokter konsultan dari Rumah Sakit Fortis, berbagi tips bijaksana untuk mencegah penyebaran cacar air, dikutip dari Thehealthsite, Rabu (18/1/2017).

Makanan dingin

Cacar terkadang menimbulkan panas di dalam tubuh. Bila si kecil makan makanan yang didinginkan, hal ini bisa saja menempatkan dirinya pada risiko pneumonia, bila infeksinya menyebar ke paru-paru.

Tidak cukup minum air

Cacar menyebabkan penurunan nafsu makan dan menyebabkan demam. Meski si kecil enggan minum air putih, coba bujuk ia untuk meningkatkan asupan cairan dalam tubuhnya. Dengan demikian, cairan dapat melawan infeksi dan membantu menurunkan demam.

Berbagi pakaian

Seperti virus yang menyebar, cacar juga bisa menyebar melalui kontak fisik. Termasuk berbagi handuk, maupun bertukar pakaian. Jaga si kecil dan saudaranya agar tidak mengenakan pakaian, maupun handuk yang sama.

Pengobatan sendiri

Jangan mencoba pengobatan sendiri, seperti meradakan panas dan pusing dengan aspirin atau obat-obatan seadanya. Membawa si kecil ke dokter adalah keputusan yang tepat. Dokter lebih mengerti bagaimana cara mengobati anak Anda melalui obat-obatan yang diresepkan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini