Waspadai, Kelainan Irama Jantung Bisa Berisiko Stroke

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 18 Januari 2017 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 18 481 1594497 waspadai-kelainan-irama-jantung-bisa-berisiko-stroke-dIrhplG4Qq.jpg Waspadai kelainan irama jantung bisa sebabkan stroke (Foto:Telegraph)

WASPADA bagi Anda yang tidak menyadari jika telah mengidap kelainan irama jantung. Karena bila tak segera diatasi mengakibatkan risiko stroke yang semakin memperburuk kualitas hidup.

Dokter Spesialis Jantung, dr Antono Sutandar SpJP(K) mengatakan, adanya kelainan irama jantung disebabkan karena tersumbatnya aliran darah. Gumpalan ini dapat menyebabkan stroke yang berakibat fatal.

"Kelainan irama jantung bisa diatasi dengan obat pengencer darah. Masalah ini terjadi akibat jantung sulit menyedot darah, sehingga muncul gumpalan," terang dr Antono saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, baru-baru ini.

Gumpalan darah pun tak hanya terjadi di bagian jantung. Inilah yang mengakibatkan stroke yang seharusnya dihindari.

Adapun penanganannya, selain dengan obat pengencer darah, terpaksa kuping jantung disumpal agar efeknya lebih ringan. Jika tidak, pasien mengalami masalah yang berlanjut dari bagian jantungnya.

"Cepat atau lambat, gumpalan darah dari kelainan irama jantung bisa mengakibatkan stroke. tapi semua bergantung dari kondisi pasiennya," tukas dr Antono.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini