Share

Keren, Nasi Padang Jadi Trending Topic di Norwegia

Rus Akbar, Jurnalis · Kamis 19 Januari 2017 12:26 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 19 298 1595511 keren-nasi-padang-jadi-trending-topic-di-norwegia-yubjENeLUd.jpg Nasi padang jadi trending topic di Norwegia (Foto:Rusakbar/Okezone)

TIDAK hanya di Tanah Air, lagu ‘Nasi Padang’ yang dilantunkan Audun Kvitland ternyata menjadi trending topic di beberapa media tempat asalnya, yakni di negara Semenanjung Skandinavia.

Seperti yang disitat dari akun resmi Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat kunjungan di Norwegia untuk mencari investor di berbagai sektor, partnership dengan LSM dan BUMN/ Swasta Norwegia, serta mempromosikan pariwisata dan kuliner Sumatera Barat, sangat direspon baik, oleh berbagai media di sana.

“Sajian kuliner Minang di Norwegia, pedas tapi membuat tamu kami di Norwegia suka dan penasaran ingin mencicipi langsung di tempat asalnya. Saat di Norwegia, kami mengundang para Duta Besar negara sahabat, calon investor, travel blogger, dan jurnalis untuk ramah tamah di Kedutaan Besar Indonesia untuk Norwegia,” tulisnya, Kamis (19/1/2017).

Di sana, para tamu menyaksikan tampilan seni khas Minang, serta disajikan menu-menu kuliner Minang. Tim kuliner yang dipimpin Ibu Iswarni, pemilik restoran Inyiak, Padang, menyajikan rendang, udang balado, dan sate padang untuk "menghipnotis" para tamu dengan cita rasa yang membuat mereka penasaran. “Semua ludes dalam waktu singkat,” katanya,

Iwan Prayitno juga menulis dalam akun media sosialnya menulis bahwa salah satu tamu, Per Hammerstad, seorang travel blogger dan kolumnis travel, bahkan berjanji akan segera mengunjungi Sumatera Barat bersama istrinya, untuk mengungkap eksotisme wisata dan kuliner Sumatera Barat, dan menuliskannya dalam bentuk buku.

“Para tamu lainnya pun memberikan testimoni yang luar biasa dan menyatakan akan mengunjungi Sumatera Barat seperti halnya Per Hammerstad. Muhibbah investasi, budaya, dan kuliner Sumatera Barat ke Norwegia ini adalah pembuka tahun 2017, yang akan disusul kegiatan-kegiatan promosi lanjutan di mancanegara, agar geliat pariwisata dan iklim investasi di Sumatera Barat semakin melesat,” terangnya.

TV, koran, radio, bahkan portal online ikut meliput kehadiran dan promo-promo yang dilakukan rombongan Gubernur Sumbar tersebut. Menurutnya Hal ini, sangat dipengaruhi pula oleh bantuan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Norwegia, Yuwono A. Putranto beserta stafnya dan local staff WN Norwegia. “Para WNI yang bermukim di sana, serta peran artis Norwegia yang sudah tidak asing lagi bagi warga Minang, yaitu Audun Kvitland Rostad,” tulisnya.

Staf Kedubes dan Audun Kvitland turun tangan langsung saat mengikuti pameran pariwisata, Reiselissmessen yang diikuti 86 negara. Pameran ini menjadi vital karena warga Norwegia sangat royal dalam berwisata keluar negeri, yang biasanya dilakukan saat musim panas.

Audun Kvitland Rostad bahkan tampil di TV2 Norwegia dalam acara masak-memasak menu rendang, yang disiarkan seantero Norwegia. “Sebuah kebanggaan luar biasa bagi saya dan masyarakat Minang khususnya, dan Indonesia pada umumnya,” ucapnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini