nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Pasutri Lebih Pilih Konsultasi ke Bidan Dibandingkan ke Rumah Sakit

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 19 Januari 2017 20:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 19 481 1596055 alasan-pasutri-lebih-pilih-konsultasi-ke-bidan-dibandingkan-ke-rumah-sakit-of7ClQ57z2.jpg Ibu dan suster (Foto: Minority Nurse)

SELAIN berkonsultasi dengan ahli ginekolog di rumah sakit, pasangan suami istri (pasutri) memilih alternatif lain mengunjungi bidan. Selain harganya yang lebih terjangkau, ternyata jangkauan akses lebih mudah ditempuh.

dr Emi Nurjasmi, Ketua PP IBI (Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia), mengungkapkan beberapa alasan pasutri lebih memilih bidan dibandingkan mengunjungi dokter di rumah sakit.

"Bidan itu lebih ada di tengah-tengah masyarakat. Gampang sekali diakses. Kita lihat, kalau klinik bidan itu buka 24 jam," ucap dr Emi, di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2017).

Tak hanya itu, dr Emi menambahkan bahwa komunikasi antar pasien dan dokter tidak ada gap dalam konteks gap sosial. Pasien dapat mengutarakan permasalahannya secara leluasa.

Bidan tak hanya banyak dipilih di daerah terpencil saja, ternyata banyak juga pasutri yang memercayakan bidan di kota besar. Umumnya, bidan di kota besar ini dikunjungi oleh pasien yang bekerja sebagai karyawan.

"Umumnya wanita yang bekerja di kota-kota. Karena bekerja, ia punya waktu yang terbatas. Biasanya wanita berkonsultasi sebelum pergi atau pulang kerja," pungkasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini