Share

Bahaya Gunakan Make-Up Kedaluwarsa

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 21 Januari 2017 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 20 194 1597155 bahaya-gunakan-make-up-kedaluwarsa-EFHJxVyQ6p.jpg Make-up (Foto: Startsat60)

GAYA hidup dari seorang wanita tidak bisa dilepaskan dari yang namanya produk make-up. Banyak wanita yang tidak segan-segan untuk menghabiskan sebagian besar penghasilannya untuk membeli aneka produk make-up.

Jika Anda termasuk menjadi salah satu kategori wanita yang hobi membeli dan mengenakan make-up, soal kadaluarsa make-up jadi faktor yang tidak boleh diabaikan begitu saja.

Pernahkah terlintas di pikiran sebetulnya apa yang akan terjadi pada produk make-up yang sudah kadaluarsa? Apakah harus segera dibuang atau ada langkah yang lain?

Dalam artikel ini akan disebutkan perihal apa yang akan terjadi saat produk make-up sudah lewat masa kadaluarsa, hingga kemungkinan risiko apa saja yang bisa dialami jika bersikukuh tetap menggunakan produk make-up yang sudah kadaluarsa. Yuk simak penjelasannya di bawah ini, seperti disitat Byrdie, Sabtu (21/1/2017).

Foundation

Foundation mengandung kandungan yang bisa mulai terpisah-terpisah satu sama lain di saat sudah kadaluarsa. Kandungan minyak yang ada akan mulai mendominasi bahan-bahan yang lain, jadi di saat tetap digunakan saat sudah kadaluarsa maka bisa disebutkan bahwa yang dipulaskan ke wajah ialah foundation dengan tingkat konsentrat yang lebih tinggi, di mana ini berpotensi untuk menutup dan menghambat pori-pori kulit wajah yang akhirnya jadi penyebab datangnya jerawat. Kondisi ini biasa disebut dengan istilah “acne cosmetica”.

Maskara

Sebuah maskara yang tidak digunakan biasanya memiliki umur sekitar 2 tahun. Namun biasanya, maskara lama sebaiknya diganti dengan maskara yang baru di saat sudah memasuki usia pemakaian tiga bulan. Jika tidak diganti dalam kurun waktu tiga bulan, maka biasanya saat dipakai akan terdapat gumpalan dan tidak bisa memaksimalkan dari make-up mata itu sendiri.

Pentingnya untuk mengganti maskara setiap tiga bulan sekali ini, mengingat maskara adalah produk yang bersentuhan dengan bulu mata yang notabene berfungsi untuk melindungi kedua mata dari kontaminasi partikel di udara dan lingkungan setiap harinya. Jadi ketika sikat kuas maskara dimasukkan kembali ke dalam tube, semua akan kembali berkumpul di dalam sikat tersebut termasuk bakteri-bakteri.

Eyeliner

Eyeliner yang sudah lewa masa pakainya jika kerap digunakan dapat menyebabkan area mata menjadi sembap, meradang, merah bahkan infeksi. Dari semua produk make-up mata, eyeliner yang kadaluarsa menjadi tersangka paling utama ketika bicara soal menyebarkan infeksi. So, saat eyeliner Anda sudah mulai kering, warnanya memudar, dan tidak efektif penggunaannya. Segera buang dan ganti dengan yang baru!

Powder blush

Blush-on berbentuk compact disebutkan biasanya memiliki umur yang cukup tahan lama (beberapa tahun), karena bakteri tidak terlalu bisa berkembang di area lingkungan yang kering. Menggunakan blush-on selama tiga hingga empat tahun selama masih terlihat oke dan berfungsi sebagaimana mestinya, masih dirasa wajar.

Blush-on stick

Lain lagi dengan blush-on berbentuk stik, disebutkan bahwa blush-on jenis ini biasanya tetap bagus walau sudah dipakai selama kurun waktu dua tahun. Dengan catatan rutin mengusap permukaan bagian atas stik dengan sehelai tisu yang sudah dibasahkan dengan cairan alkohol, sekali dalam sebulan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini