nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Menguasai Pintu Darurat di Pesawat, Ini Alasannya!

Tentry Yudvi, Jurnalis · Senin 23 Januari 2017 20:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 01 23 406 1598837 pentingnya-menguasai-pintu-darurat-di-pesawat-ini-alasannya-OTOOHCXnN0.jpg Pesawat Air India (Foto: Shutterstock)

Kecelakaan pesawat jatuh masih menghantui sebagian orang saat menaiki pesawat. tetapi kapan pun Anda harus siap siaga jikalau musibah ini menimpa perjalanan Anda.

Namun, jika Anda memahami cara penyelamatan diri, ini juga bisa membantu awak kabin untuk menyelamatkan Anda beserta penumpang lainnya. Kunci terpenting ialah jangan mudah untuk panik ketika terjadi kecelakaan pesawat.

Seorang pramugari United Airlines, Cheryl Schwarts pun menjelaskan jika dirinya beserta pramugari lainnya sudah hafal langkah mengevakuasi penumpang. Hanya saja membutuhkan bantuan penumpang khususnya bagi yang duduk di bangku pintu darurat. Ia menyarankan untuk penumpang yang dekat dengan pintu darurat harus paham cara membuka pintu, dan proses evakuasi akan lancar.

“ Saya tidak peduli jika Anda sudah terbang sebanyak 747 kali, tetapi mereka tidak sama,” jelasnya sebagaimana dikutip dari travelandleisure, Senin (23/01/2017).

Selain itu penumpang juga harus memperhatikan kecepatan saat evakuasi. Terlalu banyak membawa barang akan membuat evakuasi semakin sulit, dan juga lama. Apalagi, benda tersebut tidak berati jika sudah sekarat.

“ Kami hanya punya waktu 90 detik untuk evakuasi 600 penumpang atau 30 penumpang. Kami sudah dilatih untuk training dan juga memahami cara melakukannya, “ jelasnya.

Menurut penjelasannya, banyak penumpang yang tidak selamat karena masih menggunakan seat bealt saat sedang terjadi kecelakaan. Hal tersebut merupakan kesalahan fatal bagi penumpang.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini