nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, Terlalu Lama Duduk Bikin Cepat Tua Lho

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 23 Januari 2017 11:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 23 481 1598289 awas-terlalu-lama-duduk-bikin-cepat-tua-lho-jSHjrF5GMJ.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

TERLALU asyik menyelesaikan pekerjaan membuat orang malas beranjak dari meja dan kursinya. Padahal jika terus terjadi, kebiasaan buruk ini mempercepat penuaan.

Berdasarkan temuan studi, wanita yang duduk selama lebih dari 10 jam sehari dengan aktivitas fisik yang rendah, memiliki sel-sel lebih tua delapan tahun, dibandingkan dengan wanita yang aktif bergerak.

Para peneliti dari University of California (UC) mengatakan, jika terjadi penuaan sel, risiko besar Anda menderita penyakit jantung dan diabetes, dibandingkan dengan wanita yang aktif dan berolahraga secara teratur.

Peneliti utama Aladdin Shadyab dari UC menjelaskan, gaya hidup wanita yang tidak sehat juga mempercepat penuaan. Agar tidak terjadi, Anda harus memperbanyak stretching saat bangun dari kursi dan meja.

"Wanita yang duduk selama lebih dari 10 jam per hari, memiliki telomeres yang lebih pendek. Sel ini ditemukan di ujung untai DNA yang dapat memperpendek usia," kata Shadyab, dilansir Zeenews, Senin (23/1/2017).

Sebagai sel yang memiliki jangka usia, berisiko terhadap penyakit kardiovaskular, diabetes dan kanker utama. Untuk pencegahan, lakukan stretching dalam jeda waktu setiap dua jam.

"Kami menemukan bahwa wanita yang duduk lebih lama tidak memiliki panjang telomer. Anda harus berhati-hati dan gerakkan tubuh Anda kurang lebih setiap 30 menit," tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini