nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hasil Penelitian: Mengonsumsi Madu Berlebihan Bahayakan Liver

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 23 Januari 2017 14:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 01 23 481 1598614 hasil-penelitian-mengonsumsi-madu-berlebihan-bahayakan-liver-bYt5LCA3kp.jpg Konsumsi madu berlebihan bahayakan liver (Foto:Ndtv)

 

MADU murni memang menyehatkan bagi tubuh. Tapi tetap saja, beberapa produk madu yang dijual di pasaran, kini mengandung tambahan gula yang bisa membahayakan liver bila dikonsumsi berlebihan.

Temuan menunjukkan, kelompok fruktosa yang menjadi tambahan pemanis dalam madu bisa menyebabkan risiko penyakit pembuluh darah dan kerusakan hati.

Berdasarkan penelitian, selain kerusakan hati, jenis gula fruktosa juga meningkatkan faktor risiko penyakit jantung, diabetes dan penyakit kronis lainnya. Studi ini dipublikasikan dalam American Journal of Physiology.

Para peneliti membandingkan efek dari dua jenis gula pada fungsi metabolisme dan pembuluh darah. Untuk penelitian ini, tikus betina diberi larutan cairan glukosa dan fruktosa.

Tikus-tikus tersebut mendapatkan cairan manis selama delapan minggu, kira-kira setara dengan orang yang makan sejumlah besar gula selama enam tahun.

Tikus yang konsumsi fruktosa berlebihan, organ hatinya mengalami perlemakan. Ini sangat mengejutkan, karena juga kalori bertambah.

"Hasil penelitian menunjukkan, terjadi peningkatan jumlah kalori saat tikus mengonsumsi pemanis buatan berlebihan. Risikonya dalam jangka panjang akan memengaruhi kesehatannya," kata peneliti, dikutip Timesofindia, Senin (23/1/2017).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini