5 Sebab Urin Anda Beraroma Menyengat

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 23 Januari 2017 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 23 481 1598766 5-sebab-urin-anda-beraroma-menyengat-6d9rgbuSy9.jpg Ilustrasi (Foto: Netdoctor)

SETIAP orang perlu buang air kecil beberapa kali dalam sehari. Ketika buang air kecil, apakah Anda pernah mencium aroma urin yang sedikit menyengat? Aroma yang berbeda dapat memberikan petunjuk mengenai kondisi kesehatan Anda.

"Urin normal yang encer tidak memiliki aroma, kecuali Anda betul-betul menciumnya," ungkap Marc Laniado, seorang urolog.

Ia juga menyebutkan beberapa penyebab urin Anda bau menyengat, dilansir dari Netdoctor, Senin (23/1/2017).

Karena makanan

Tak hanya membuat napas Anda bau, ternyata makanan tertentu juga memengaruhi aroma urin. Selain petai, asparagus juga membuat aroma urin berbau tidak sedap akibat enzim yang memecah asparagus dan berdampak pada aroma urin.

Kopi

Kecanduan kafein juga memengaruhi aroma urin Anda. Agar urin tidak berbau menyengat, sebaiknya Anda memoderasi konsumsi kafein dan memperbanyak minum air putih.

Dehidrasi

Bila aroma amonia Anda kuat buang air kecil, kemungkinan lain adalah Anda mengalami dehidrasi. Biasanya dehidrasi ditandai dengan urin berwarna pekat.

"Aroma urin paling kuat biasanya terjadi di pagi hari. Ini relatif, karena Anda mengalami dehidrasi semalam dan Anda perlu minum cairan di siang hari," jelas Marc.

Pengaruh obat

Apakah Anda sedang mengonsumsi obat antibiotik? Antibiotik juga menjadi penyebab aroma urin yang menyengat.

"Beberapa obat dengan kandungan sulfa dapat memicu terjadinya bau urin. Biasanya kandungan sulfonamid dalam obat ini juga digunakan untuk mengobati infeksi dan epilepsi," ungkap Marc.

Diabetes

Para penderita diabetes biasanya memiliki aroma urin yang manis. Umumnya, gejala diabetes disertai dengan rasa haus yang konstan, sakit kepala, dan sering kali buang air kecil.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini