Image

Harga Biji Kopi Naik Bikin Pencintanya Akan Gigit Jari?

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 24 Januari 2017, 11:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 24 298 1599357 harga-biji-kopi-naik-bikin-pencintanya-akan-gigit-jari-3n1GP84IE3.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

BAGI pencinta kopi, rasanya tidak masalah jika harus merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan segelas kopi berkualitas. Tapi, kali ini bersiaplah untuk kenaikan harga kopi di hampir seluruh negara. Kenapa?

Bloomberg melaporkan, harga kopi akan meningkat tahun ini, di mana tentu menjadi kabar buruk bagi pencinta kopi. Hal ini disebabkan oleh harga biji kopi dari negara-negara penghasil kopi meningkat tajam karena berbagai faktor. Di antaranya adalah beberapa daerah di Brazil dilanda kekeringan, tingginya curah hujan di Vietnam dan panen yang menurun di Indonesia.

Ketika sumber penghasil kopi bermasalah, maka pengaruhnya akan sangat besar. Salah satunya adalah pada pengolahan kopi di banyak negara.

"Prospek untuk pemulihan produksi Brazil pada 2017 tidak dapat diprediksi, jadi produksi akan terus menipis. Jenis kopi yang produknya menurun ini, terutama pada jenis kopi robusta," kata analis Rabobank, Carlos Mera Financial Times yang dikutip Huffingtonpost, Selasa (24/1/2017).

Harga produk kopi yang meningkat sudah terasa di beberapa restoran dan kafe. Dalam siaran pers, Dunkin Donuts, Folgers, Cafe Bustelo, serta J.M. Smucker Company adalah beberapa restoran yang sudah menaikkan harga produk kopinya. Kenaikan harganya mencapai 6 persen dari harga sebelumnya.

Karenanya, bukan tidak mungkin kafe kopi lain juga turut menaikkan harganya. Saat ini Starbucks memang belum menaikkan harga, karena stok kopi mereka masih cukup. Jika stok kopi sudah menipis, bukan tidak mungkin coffee shop modern ini juga akan menaikkan harga.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini