nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketahui 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Bayam

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 26 Januari 2017 10:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 01 26 481 1601206 ketahui-5-efek-samping-terlalu-banyak-makan-bayam-bvXbd9Ul6o.jpg Ketahui efek samping terlalu banyak konsumsi bayam (Foto: Boldsky)

APAPUN yang dikonsumsi secara berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan, bahkan makanan seperti bayam sekalipun. Bayam yang dikenal sebagai makanan sehat pun dapat memberikan efek samping ketika dikonsumsi berlebihan.

Bayam merupakan sumber zat besi, serat dan mineral lainnya. Namun, terlalu banyak makan bayam dapat memengaruhi kesehatan Anda dengan beberapa cara. Kepala Ahli Gizi, Fortis Hospital Anandapur, Mita Shukla, menjelaskan mengapa Anda tidak harus terlalu banyak mengonsumsi bayam:

Perut kembung

Bayam merupakan sumber serat yang baik dan membantu proses pencernaan, meskipun dibutuhkan waktu untuk diserap dalam tubuh. Jika Anda baru saja menambahkan bayam ke diet harian, maka metabolisme berjalan dengan lambat, sehingga bisa menyebabkan perut kembung.

Diare

Terlalu banyak mengonsumsi asupan serat dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi bayam yang tinggi serat, maka bisa menyebabkan diare. Gabungkan konsumsi bayam dengan protein dan nutrisi lain untuk menyeimbangkan kadar serat.

Batu ginjal

Kandungan asam oksalat pada bayam cukup tinggi. Purin dari bayam bisa diserap dalam tubuh untuk membentuk asam urat. Asam urat ini dapat menyebabkan pengendapan kalsium dalam ginjal menyebabkan batu ginjal.

Asam urat

Selain batu ginjal, ada masalah lain yang muncul ketika terlalu banyak dan sering mengonsumsi bayam. Peningkatan jumlah asam urat yang disebabkan karena bayam juga dapat menyebabkan nyeri sendi, radang sendi dan asam urat.

Kekurangan mineral

Asam oksalat yang tinggi pada bayam dapat mengikat kalsium dan zat besi dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya penyerapan mineral-mineral tersebut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini