Manfaat Angkat Beban bagi Kesehatan Jantung

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 26 Januari 2017 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 26 481 1601700 manfaat-angkat-beban-bagi-kesehatan-jantung-69JdYlKc8C.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

UNTUK menjaga kesehatan jantung, biasanya orang-orang yang berolahraga jalan cepat dan yoga. Tapi, ternyata, olahraga angkat beban juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan organ penting ini.

Sebuah studi baru mengungkapkan, selain membentuk nada otot, olahraga angkat beban bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Latihan yang melibatkan beban, dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah setiap individu.

"Individu dengan diabetes tipe 2 dapat mengembangkan risiko penyakit jantung empat kali dibandingkan mereka yang tidak," ungkap Jonathan Little, asisten profesor di University of British Columbia (UBC).

Ia meneliti, olahraga angkat beban meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meminimalkan risiko serangan jantung. Tim riset tersebut membandingkan efek dari dua jenis latihan interval resisten (leg press, extensions, dan angkat beban) dan latihan kardiovaskular (sepeda statik). Penelitian ini melibatkan 35 peserta yang terbagi atas tiga kelompok, yakni kelompok dengan diabetes tipe 2, tidak aktif berolahraga, dan aktif berolahraga tanpa riwayat diabetes.

"Semua latihan menunjukkan, perbaikan pembuluh darah setelah melakukan latihan interval resisten. Namun, yang paling menonjol adalah kelompok diabetes tipe 2," kata Monique Francois, mahasiswa pascasarjana UBC.

Para peneliti mengatakan, latihan ini memjadi bukti efektif membantu mengelola penyakit mereka. Studi ini dipublikasikan dalam American Journal of Physiology: Heart and Circulatory Physiology. Demikian dilansir dari laman Zeenews.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini