nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HARI KUSTA SEDUNIA: Kenali Gejala Kusta yang Dimulai dari Kulit Mati Rasa

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 27 Januari 2017 04:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 01 26 481 1602069 hari-kusta-sedunia-kenali-gejala-kusta-yang-dimulai-dari-kulit-mati-rasa-yPy7IsSyqC.jpg Kenali gejala kusta (Foto: CDC)

SETIAP 27 Januari diperingati sebagai Hari Kusta Sedunia. Penderita penyakit ini cukup banyak di Indonesia, tetapi masih banyak yang tidak peduli terhadap tanda dan gejalanya.

Kusta awalnya ditandai dengan bercak putih di kulit yang serupa dengan panu. Tapi meski diobati dengan cara apapun, bercak tersebut tidak hilang. Ditambah pula, kulit menjadi mati rasa.

Kusta atau penyakit yang sering disebut lepra ini juga memiliki gejala yang harus dikenali penderitanya. Meski pada awalnya, kusta tumbuh melambat. Mungkin diperlukan dua hingga 10 tahun terjadinya penyakit yang kerap menyerang kulit.

Dilansir CDC, Jumat (27/1/2017), kusta memengaruhi kulit, saraf, dan membran mukosa di daerah mulut. Penyakit ini dapat menyebabkan lesi kulit yang mungkin memudar atau berubah warna, kulit menjadi tebal, kaku atau kulit kering, mati rasa di daerah yang luka akibat kusta, sarad membengkak, terdapat borok di telapak kaki, hingga mengakibatkan kebutaan pada pasiennya.

Sebagai contoh, meski beberapa borok kusta menyentuh tanah atau benda yang keras, penderitanya tidak dapat merasa sakit atau nyeri sedikit. Hal ini tentu akan menurunkan kualitas hidup penderitanya, termasuk halnya dikucilkan masyarakat sekitar.

Di Indonesia, strategi untuk menargetkan penduduk agar bebas kusta sudah dilakukan sejak lama. Begitu juga halnya dengan stigma yang seharusnya hilang dari benak masyarakat. Anda juga harus mencegah dan melakukan deteksi dini yang tepat agar tidak terlambat diobati.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini