Share

Jangan Sekali-kali Sharing Produk Make-Up! Jerawat Muncul dan Rentan Terinfeksi Virus

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 27 Januari 2017 18:46 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 27 194 1602895 jangan-sekali-kali-sharing-produk-make-up-jerawat-muncul-dan-rentan-terinfeksi-virus-RTmaPzcl1u.jpg Hati-hati meminjamkan alat make-up Anda (foto: shutterstock)

TIDAK dipungkiri bahwa salah satu hobi wanita, ialah mencoba berbagai produk tester make-up yang bisa dicoba secara cuma-cuma di pusat perbelanjaan serta mencoba aneka make-up yang lebih bervariasi milik para sahabat tersayang.

Banyak yang tidak menyadari bahwa di balik “keceriaan” berbagi produk make-up. Kegiatan ini sebetulnya mengandung risiko yang perlu ditakuti. Apa saja hal yang terjadi saat Anda berbagi produk make-up dengan orang lain? Yuk intip bahasannya di bawah ini, seperti disitat Yahoo, Jumat (27/1/2017).

Terinfeksi virus

Berbagi lipstik, lip gloss, lip balm, atau lip liner yang notabene menempel langsung dari bibir satu ke bibir lainnya, menjadi media yang ideal untuk perpindahan dan pengendapan virus. Baik itu yang berbentuk stik atau yang dipulas dengan jari jemari. Di mana virus ini bisa mengakibatkan demam, dan virus influenza, sampai ruam-ruam kemerahan.

Berbagi kotoran di mata

Kelopak mata dan bulu mata adalah tempat yang bisa menjadi wadah untuk berkembangnya bakteri dan virus mata seperti (blepharitis, pink eye, dan adenovirus). Berbagi maskara, eyeshadow, dan jenis produk make-up mata pada akhirnya akan membuat Anda saling berbagi kotoran dan virus yang ada di mata.

Timbul jerawat

Hanya digunakan seorang diri saja, beauty sponge seperti beauty blender jika jarang dibersihkan sudah menjadi lingkungan yang ideal berkembangnya bakteri. Apalagi jika sponge ini digunakan oleh banyak orang? Sponge yang kotor dan berpindah-pindah tangan akan merangsang pertumbuhan bakteri lebih kuat dan cepat. Maka jangan heran jika kerap berbagi make-up sponge, maka jerawat akan lebih mudah datang menghinggapi wajah.

Bertukar sel kulit mati dan minyak

Tidak hanya make-up, berbagi alat make-up seperti kuas ataupun menggunakan mesin pembersih alat make-up otomatis disebutkan sebagai tindakan berisiko. Bertukar kuas atau mesin pembersih ini berarti sama saja dengan bertukar sel kulit mati dan minyak kotor yang masih melekat pada kedua alat tersebut.

(slv)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini