nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perabot Rumah Tangga yang Terpapar Asap Rokok Memicu Penyakit Pernapasan

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Jum'at 27 Januari 2017 18:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 01 27 481 1602802 perabot-rumah-tangga-yang-terpapar-asap-rokok-memicu-penyakit-pernapasan-564dADX9CW.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

PAPARAN asap rokok yang menempel pada benda mati, bisa bertahan cukup lama. Bahkan, zat nikotin dan karsinogenik yang menempel bisa saja terhirup oleh orang lain dan menimbulkan penyakit. Kondisi inilah yang dikenal sebagai third hand smoke.

Menurut Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), Ketua Divisi Penyakit Paru Kerja dan Lingkungan, dari RSUP Persahabatan, asap rokok yang menempel ini juga bisa bertahan selama berbulan-bulan pada perabot rumah tangga, serta pada pakaian.

"Ada yang menempel di karpet, di sofa. Semuanya bisa berpotensi jadi third hand smoke. Menempelnya bisa lama, bisa berbulan-bulan," jelas dr Agus di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2017).

Nikotin yang menempel pada pakaian memang bisa hilang ketika dicuci, tetapi agak sulit hilang jika menempel pada perabot rumah tangga, termasuk pada tembok.

"Yang nempel di tembok itu agak susah. Tembok harus dibersihkan, dicat lagi. Di sofa pun di vakum juga tidak bisa (hilang). Makanya, daripada begitu mending enggak usah merokok. Third hand smoke itu susah menghilangkannya," jelasnya.

Sama bahayanya seperti perokok aktif maupun pasif, mereka yang menghirup asap rokok dari benda-benda yang terpapar bisa mengalami sakit pernapasan. Pasalnya racun dari asap rokok yang terakumulasi dalam jangka waktu lama bisa menimbulkan infeksi pada sistem pernapasan.

"Risikonya mulai dari asma maupun infeksi pernapasan akut bisa timbul. Kalau bertahun-tahun ia bisa terkespos karsinogen yang di third hand smoke dan itu bisa terjadi," tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini