nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HARI KUSTA SEDUNIA: Kusta Menular Lewat Pernapasan yang Membuat Pasiennya Cacat

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 27 Januari 2017 19:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 01 27 481 1602990 hari-kusta-sedunia-kusta-menular-lewat-pernapasan-yang-membuat-pasiennya-cacat-5T3nVuI2zr.jpg Kusta menular lewat pernafasan (Foto:Healthfacts)

BANYAK sekali jenis penyakit menular lewat pernapasan. Salah satunya kusta, penyakit yang sudah ada sejak ratusan tahun silam, tapi sulit dieliminasi hingga kini.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI dr HM Subuh MPPM menjelaskan, kusta merupakan penyakit menular atau infeksi menahun yang disebabkan oleh kuman. Jenisnya yakni mycobacterium leprae.

"Kusta bukan disebabkan oleh kutukan, turun-menurun atau dari makanan," kata dr Subuh saat ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan RI, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2017).

dr Subuh menambahkan, penularan kusta terjadi lewat pernapasan. Kuman yang mengakibatkan kusta dapat menyerang kulit dan saraf tepi. Jika terlambat diobati bisa menimbulkan cacat permanen.

Gejala awalnya yaitu bercak putih di kulit seperti panu. Sayangnya, ini tidak membuat banyak orang peka dengan bahaya kusta.

"Kusta sesungguhnya dapat disembuhkan tanpa cacat. Tapi itu jika pasiennya tetap ditemukan dan diobati secara berkala. Bahkan, pemerintah memberikan gratis obatnya," tutup dr Subuh.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini