nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HARI KUSTA SEDUNIA: Aturan Pengobatan bagi Penderita Kusta

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 27 Januari 2017 23:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 01 27 481 1603231 hari-kusta-sedunia-aturan-pengobatan-bagi-penderita-kusta-ZiqXIUSoBW.jpg Penyakit kusta (Foto: Medicalpicture)

APABILA gejala awal kusta tidak segera terdeteksi dan diobati dapat menyebabkan kecacatan. Sebenarnya, penyakit yang menyerang kulit ini cepat diobati sampai sembuh.

Dirjen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kementerian Kesehatan RI dr HM Subuh menjelaskan, setelah ditemukan kasus kusta pada masyarakat harus tahu bagaimana cara mencegahnya. Salah satu caranya rutin minum obat yang diberikan gratis oleh pemerintah.

"Dengan minum obat, penderitanya bisa melakukan upaya pencegahan. Minum obat enam bulan sampai 12 bulan, pasien sudah melakukan pencegahan," kata Subuh saat ditemui di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Keluarga, tambah Subuh, harus mendampingi pasien saat melakukan pengobatan. Dukungan ini menambah semangat para penderita agar sembuh dari kusta.

"Kontribusi keluarga untuk penderita sangat besar. Meskipun sakit tapi disiplin minum obat langsung terkendali," tukasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini