Iyuuhh.. Punya Masalah Bau Kaki? Simak 4 Cara Ampuh Mengatasinya

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Selasa 31 Januari 2017 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 31 194 1605785 iyuuhh-punya-masalah-bau-kaki-simak-4-cara-ampuh-mengatasinya-vaDkOBDWon.jpg Ilustrasi bau kaki mengganggu (Foto: Youtube)

BAU tidak sedap yang muncul dari kaki pasti sangat mengganggu dan memalukan. Terutama pada pria, saat berkunjung ke rumah kerabat atau kekasih, misalnya, tentu bau kaki bisa menjadi sumber ‘awkward moment’. Tapi tenang, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan bau tersebut.

Untuk menghilangkannya, yuk simak apa penyebab bau kaki dan bagaimana cara mengatasinya berikut ini.

Keringat

Akibat selalu tertutup namun keringat tak berhenti mengalir, bakteri akhirnya bebas bermain dan memecah sel-sel kulit yang nantinya menjadi kulit mati. Inilah yang membuat kaki jadi berbau.

Solusi satu-satunya hanya memakai kaus kaki. Cari bahan kaus kaki yang paling nyaman di kaki Anda. Baik nilon atau wol, keduanya bisa menyerap keringat. Sedangkan sintetis seperti nilon akan membuat kaki semakin lembab dan membuat kaki semakin bau. Lebih baik lagi, selalu siapkan kaus kaki cadangan di dalam tas untuk diganti di siang hari.

Kebersihan

Banyak yang menyepelekan urusan kebersihan kaki. Tak menggunting kuku, jarang eksfoliasi kaki dan mencuci kaki dengan benar hingga lupa mengeringkan kaki sebelum memakai sepatu. Ini semua bisa membuat kaki menjadi bau.

Solusinya, ada banyak bahan ‘rumahan’ yang bisa dipakai. Teh bisa menutup pori-pori untuk mengurangi keringat. Rendam kaki di air garam atau bertelanjang kaki di malam hari untuk membebaskan kaki bernafas.

Sepatu

Memakai sepatu seharian tanpa melepasnya bisa membuat kulit kehilangan kelembapannya. Jika pekerjaan Ada menuntun untuk tidak melepas sepatu sepanjang hari, siasati dengan menyemprotkan desinfektan dan bedak tabur penghilang jamur sebelum mengenakan sepatu.

Infeksi

Sepatu baru lalu langsung Anda pakai biasanya menyebabkan kaki lecet-lecet. Setelah itu, jika tidak diobati bisa saja menjadi infeksi. Inilah yang akan membuat kaki infeksi. Untuk menghindari lecet, memakai bedak tabur anti jamur. Demikian dilansir Men’s Style, Selasa (31/1/2016).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini