Ssstt... Begini Tips Bikin Sendiri Salad Selezat di Restoran

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 31 Januari 2017 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 31 298 1605926 ssstt-begini-tips-bikin-sendiri-salad-selezat-di-restoran-FDlShavcGo.jpg Salad tuna (Foto:Ilustrasi/Raincoast)

SAMA seperti mi instan, menyantap salad di restoran terasa begitu istimewa dan menggoda. Tidak mengherankan jika sebagian orang memilih untuk menikmati hidangan tersebut di restoran favorit mereka.

Kendati demikian, ada beberapa tips ampuh yang dapat Anda coba agar hasil olahan salad di rumah, memiliki rasa yang tak kalah enaknya dengan salad restoran. Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari The Kitchn, Selasa (31/1/2017).

Membuat dressing

Dressing berfungsi untuk menambah sensasi segar dan rasa yang khas saat menyantap salad. Proses pembuatannya pun sangat praktis dan sederhana. Yang perlu Anda lakukan hanya mencampurkan minyak zaitun dan cuka, dengan rasio 3 : 1. Anda juga dapat menambahkan mustard, irisan cabai, bawang merah, dan bumbuh rempah-rempah lainnya agar salad terasa lebih segar.

Bumbui sayuran

Tidak hanya daging, sayuran juga memerlukan proses pembumbuan yang tepat. Caranya, cukup campurkan sedikit garam dan lada sebelum Anda menambahkan bumbu dressing.

Teliti saat membeli bahan dasar

Campuran salad di restoran memang terlihat lezat dan menggoda. Tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak toko swalayan yang menjual kombinasi sayuran yang dapat Anda olah menjadi salad. Pilihlah selada air, lettuce, dan daun arugula ketika Anda.

 

Tambahkan rempah-rempah

Siapa sangka jika salad merupakan salah satu jenis hidangan yang dapat diolah dengan bumbu rempah-rempah. Oleh karena itu, jangan ragu-ragu untuk menambahkan ketumbar, parsley, atau daun mint.

Tambahkan bahan dasar lain

Sebagian orang menganggap bahwa salad adalah hidangan yang hanya bisa diolah menggunakan potongan sayuran saja. Padahal, Anda juga dapat menambahkan beberapa bahan dasar lainnya seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, gandum masak, hingga potongan roti, sebagai pelengkap.

Potonglah semua bahan dasar

Kunci kelezatan salad tidak hanya terletak pada campuran bahan-bahannya saja, tetapi juga pada tekstur yang tepat agar bisa disantap dalam satu kali gigitan. Luangkanlah waktu Anda beberapa menit untuk memotong semua bahan dasar dengan sempurna. Semakin kecil ukurannya, semakin banyak pula potongan salad yang dapat Anda masukkan ke dalam mangkuk.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini