Sebelum Terlambat, Lakukan 4 Tips Sehat Ini di Umur 20-an

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Selasa 31 Januari 2017 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 31 481 1605173 sebelum-terlambat-lakukan-4-tips-sehat-ini-di-umur-20-an-p4ICKWMBmc.jpg Ilustrasi (Foto: Thisisinsider)

HANYA segelintir orang memikirkan kesehatan jangka panjang mereka. Di usia inilah, Anda mulai menemukan kenikmatan hidup dan secara tak sengaja mengabaikan persoalan kesehatan. Bisa saja masalah kesehatan tak terduga terjadi di kemudian hari.

Menurut David Katz, MS, direktur dari Yale University's Prevention Research Center, perubahan gaya hidup dapat mengurangi risiko penyakit kronis sebesar 70-80 persen. Penyakit yang terkait di antaranya diabetes, serangan jantung, stroke, demensia, dan kanker.

Sebagai tindakan preventif, berikut deretan hal yang perlu Anda lakukan di saat umur 20an, dilansir dari laman Thisisinsder, Selasa (31/1/2017).

Hindari alkohol

Katz mengatakan, minum alkohol secara rutin akan membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Singkatnya, kelebihan konsumsi minuman keras dapat memicu penyakit hati, meningkatkan risiko kanker, dan penyakit jantung.

Stop merokok

"Anda perlu membuat pilihan bijaksana mengenai konsumsi eksposur zat-zat berbahaya (rokok atau opioid) di usia 20an," ujar Katz. Baik tembakau maupun opioid dapat menyebabkan kanker dan memengaruhi kesuburan Anda di masa mendatang.

Batasi menatap layar digital

Perkembangan dunia digital membuat Anda enggan berpaling dari ponsel. Sinar biru yang dipancarkan oleh ponsel memicu pelepasan melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur. Maka dari itu, hindari menatap layar ponsel. Lakukan aturan 20-20-20 yakni cukup tatap layar selama 20 menit, istirahatkan mata dengan melihat obyek sejauh 20 kaki, dan lakukan itu selama 20 detik.

Berolahraga

Anda tak perlu berusaha keras berolahraga. Cukup olahraga rutin saja untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Bila tak ada waktu olahraga, Anda bisa menggantinya dengan naik turun tangga kantor sewaktu senggang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini