nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Perlakuan Ini Bikin Wajan Anti-Lengket Cepat Rusak

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 02 Februari 2017 13:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 02 298 1607506 4-perlakuan-ini-cepat-bikin-wajan-anti-lengket-cepat-rusak-5TIOCaslyT.jpg Tips merawat wajan anti-lengket (Foto: Prevention)

PUNYA wajan anti-lengket di rumah? Pasti ini jadi salah satu alat masak andalan yang bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan. Karena jadi andalan sebaiknya Anda perlakukan dengan baik agar wajan awet tahan lama.

Beberapa perlakuan yang kerap dilakukan bisa menjadi awal kerusakan wajan anti-lengket. Dilansir dari Prevention, Kamis (2/2/2017) berikut empat kesalahan yang bikin wajan anti-lengket cepat rusak.

Pakai spatula logam

cast iron pan

Wajan anti-lengket punya musuh utama yakni spatula berbahan logam. Lapisan anti-lengket pada wajan secara perlahan akan terkelupas jika memasak menggunakan spatula berbahan logam. Goresan pada wajan bukan hanya merusak lapisan anti-lengket tapi juga bisa membuat makanan Anda mengandung racun karena terkontaminasi pelapis wajan. Sebagai solusi, gunakan spatula kayu atau spatula silikon yang aman terkena panas.

Masakan bersifat asam

cast iron pan

Salah satu makanan yang bersifat asam adalah ketika Anda membuat saus tomat homemade di rumah. Proses pemasakan yang berjam-jam dan campuran bahan bersifat asam akan membuat permukaan wajan anti-lengket cepat rusak. Solusinya jika Anda ingin mengolah makanan dalam waktu lama maka gunakan panci biasa yang kuat panas dan tidak menjadi racun ketika terkena bahan asam.

Memasak telur

cast iron panSebagian besar orang memang sudah mengandalkan wajan anti-lengket untuk mengolah telur. Tapi ternyata ada juga orang yang masih enggan menggunakan wajan anti-lengket untuk memasak telur. Tenang wajan anti-lengket aman digunakan untuk mengolah telur. Cukup panaskan wajan, tuang sedikit minyak lalu masak telur hingga matang.

Menggunakan sabun

butter meltingMencuci wajan anti-lengket memang sangat mudah yakni cukup mengalirkan air bersih dan membilas wajan usai dipakai. Banyak yang enggan menggunakan sabun padahal bahan pembersih ini aman dan boleh digunakan untuk mencuci wajan, apalagi jika wajan habis digunakan untuk memasak masakan berbumbu kuat. Tapi jika wajan hanya digunakan untuk mengolah masakan simpel cukup bilas dan keringkan sebelum disimpan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini