nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh, Ternyata Ini Bahayanya Infeksi Saluran Kemih pada Remaja

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 02 Februari 2017 11:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 02 481 1607408 waduh-ternyata-ini-bahayanya-infeksi-saluran-kemih-pada-remaja-39zIkIwOUZ.jpg Ilustrasi (Foto: Totalwomenscycling)

APAKAH anak remaja Anda kerap mengeluh saat buang air kecil? Bila ia mengeluhkannya dan urin anak berwarna lebih gelap, bisa jadi ia mengalami infeksi saluran kemih (ISK).

Bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih dan menginfeksi uretra bisa memicu terjadinya ISK. Infeksi bisa terjadi akibat konsumsi makanan yang tidak streril atau tidak berada di tempat higienis saat buang air kecil.

Infeksi saluran kemih biasanya ditandai dengan peradangan, sakit perut, mual, muntah, nyeri sakit kencing, dan sakit punggung ringan.

Bila dibiarkan, bahaya infeksi saluran kemih bisa memicu terjadinya masalah pada ginjal yang lebih lanjut. Perlu diketahui, remaja yang berisiko mendapatkan infeksi saluran kemih, umumnya sistem kekebalan tubuh yang lemah. Remaja dengan diabetes juga memiliki risiko yang lebih besar mengalami infeksi saluran kemih.

Untuk menghindari bahaya infeksi saluran kemih lebih lanjut, bawa anak Anda ke dokter. Biasanya dokter menyarankan untuk mengubah gaya hidup lebih sehat dan memberikan antibiotik. Jangan lupa untuk minum banyak air putih untuk mengusir bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Bunda juga boleh menginformasikan anak untuk mengganti celana dalam setidaknya dua kali sehari. Selain itu, jangan lupa mengingatkannya membersihkan alat kelamin usai buang air. Beritahu mereka juga untuk menghindari pemakaian sabun yang beraroma untuk membersihkan alat kelamin. Bersama dengan saran dokter, langkah sederhana dapat mencegah infeksi saluran kemih lebih lanjut. Demikian dilansir dari Momjunction, Kamis (2/2/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini