nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bunda, Menahan Pipis saat Hamil Bisa Berdampak Buruk bagi Janin Lho!

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 02 Februari 2017 16:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 02 481 1607604 bunda-menahan-pipis-saat-hamil-bisa-berdampak-buruk-bagi-janin-lho-Dogeg4Gr0n.jpg Ilustrasi (Foto: Theasianparent)

TAK sedikit yang menyangka, seorang ibu hamil yang sering menahan pipis berpotensi mendapatkan infeksi saluran kemih (ISK). Bila Anda memiliki kebiasaan ini, mulai sekarang urungkan diri untuk menahan pipis. Infeksi saluran kemih bisa saja membahayakan kandungan Anda.

Menurut Kristene E. Whitmore, profesor dan kepala urologi dari Drexel University College of Medicine, penyebab paling umum infeksi saluran kemih adalah bakteri usus dan Miss V. Bakteri tersebut masuk ke dalam uretra saat foreplay, maupun berhubungan seksual. Seks yang kuat bisa menyebabkan peradangan kandung kemil dan membuat bakteri bertahan pada area tersebut.

Dr Whitmore mengatakan, penyebab infeksi saluran kemih adalah jarang atau suka menahan pipis, kelaninan kemih, maupun kondisi kronis seperti diabetes.

Kehamilan memang tidak menyebabkan infeksi saluran kemih. Namun menurut National Kidney & Urologic Diseases Information Clearinghouse, satu dari lima wanita mengalami ISK saat hamil.

Myra J. Wick, MD, Ph.D., seorang spesialis kebidanan di Mayo Clinic di Rochester, berujar bahwa perubahan hormonal juga menciptakan lingkungan yang ideal perkembangan bakteri. Biasanya, dipicu oleh bakteri E. Colli.

Peningkatan progesteron menyebabkan otot-otot yang melapisi uretra mulai melonggar dan memungkinkan bakteri untuk berkembang dalam kandung kemih. Bahkan, dalam kondisi hamil, infeksi juga sangat mungkin menyerang ginjal.

Dr Wick menjelaskan, pelebaran uterus ini bisa menghambat pengosongan kandung kemih saat pipis. Urin yang masih tertampung ini menjadi sasaran perkembangbiakan bakteri. Bahayanya, infeksi bisa saja memengaruhi janin. Demikian dilansir dari laman Parents, Kamis (2/2/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini