nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Efek Terlalu Banyak Makan Protein yang Harus Anda Tahu

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 02 Februari 2017 21:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 02 481 1607942 7-efek-terlalu-banyak-makan-protein-yang-harus-anda-tahu-ewvugfhEbQ.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

MESKIPUN protein salah satu nutrisi penting yang diperlukan bagi tubuh, mengonsumsinya berlebihan dapat efek negatif. Terlalu berlebihan mengonsumsi protein dapat menimbulkan ancaman bagi kesehatan.

Mood swing

Konsumsi protein berlebih dapat menyebabkan fluktuasi kimia tertentu di otak. Hal ini dapat mengakibatkan mood swing yang akan memengaruhi kehidupan.

Tidak dapat berpikir jernih

Bila Anda telah mengonsumsi protein berlebihan, maka mungkin merasa tidak dapat berpikir jernih. Karena, kelebihan protein dapat melemahkan sel-sel otak Anda.

Bau kentut

Protein berlebihan tidak mudah dicerna oleh sistem pencernaan Anda, sehingga menyebabkan kentut bau. Terutama ketika Anda mengonsumsi suplemen protein untuk membangun otot.

Kelaparan

Ketika Anda mengonsumsi protein berlebihan, maka ada kemungkinan kadar gula darah bisa menurun drastis. Hal ini dapat menyebabkan rasa lapar konstan.

Sembelit

Sistem pencernaan tidak bisa mencerna protein berlebihan dalam sekali makan. Limbah makanan akan disimpan di usus Anda, sehingga menyebabkan pengerasan tinja dan sembelit.

Dehidrasi

Dampak berikutnya dari terlalu banyak konsumsi protein adalah dehidrasi. Karena, tubuh harus bekerja keras untuk mencerna protein, sehingga menyebabkan rasa haus yang luar biasa.

Bau mulut

Ketika dikonsumsi berlebihan, protein yang tidak dicerna akan disimpan dalam tubuh Anda. Hal ini dapat memengaruhi fungsi dan kinerja liver, sehingga bisa mengarah ke bau mulut beserta gejala lain.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini