Trik Jitu Membersihkan Seafood Tanpa Meninggalkan Bau Amis

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 03 Februari 2017 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 03 298 1608683 trik-jitu-membersihkan-seafood-tanpa-meninggalkan-bau-amis-YLeGU0kEM8.png Tips membersihkan ikan (Foto:Google)

MEMBERSIHKAN ikan laut atau seafood ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa trik khusus agar seluruh kotoran yang ada dalam tubuh ikan dapat dibersihkan dengan baik.

Dilansir dari WikiHow, Jumat (3/2/2017), berikut trik ampuh membersihkan seafood agar tidak menghasilkan aroma amis yang menyengat.

Persiapan awal

Siapkan kantong plastik atau ember sebagai tempat pembuangan kulit dan tulang ikan. Lalu jangan lupa mengalasi permukaan meja dengan koran bekas ketika Anda hendak memulai proses pemotongan. Ini juga berfungsi untuk menyerap cairan yang keluar dari tubuh ikan.

Bersihkan sisik

 

Anda bisa menggunakan pisau tumpul atau sendok untuk membersihkan sisik ikan. Setelah itu, bersihkan sisik ikan berlawanan arah yakni dari ekor ke kepala. Jangan lupa untuk menjangkau bagian-bagian krusial seperti insang, kepala, dan perutnya.

 

Bersihkan isi perut ikan

Gunakanlah pisau yang tajam saat hendak membersihkan perut ikan. Pertama, irislah bagian perut ikan dimulai dari anus (ekor belakang) ke arah kepala, dan berhentilah ketika sudah mendekati insang. Setelah itu, bersihkan jeroan ikan dengan menggunakan jari atau sendok. Pastikan tidak ada kotoran atau membran yang tersisa, karena akan memengaruhi hasil masakan Anda dan menciptakan bau amis yang tajam.

Potong kepala ikan

Kebanyakan resep makanan biasanya menganjurkan untuk memotong kepala ikan. Jika demikian adanya, Anda bisa memotong kepala ikan tepat di belakang insang.

Bilas ikan

 

Setelah semua proses selesai dilakukan, bilaslah ikan menggunakan air dingin. Pastikan Anda membilasnya hingga bagian dalam perut ikan. Tujuannya adalah agar sisa-sisa darah dan kotoran yang menempel dapat dibersihkan. Voila! Ikan siap diolah menjadi berbagai hidangan lezat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini