Ohhh... Ternyata Ini yang Bikin Udang Berubah Warna saat Dimasak

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 06 Februari 2017 08:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 03 298 1608907 ohhh-ternyata-ini-yang-bikin-udang-berubah-warna-saat-dimasak-gefaAPJz7H.jpg Mengapa udah berubah warna saat dimasak (Foto:Goodtaste)

 

SEBELUM dimasak, udang memiliki warna bening keabu-abuan tapi saat terkena panas api maka warnanya akan berubah menjadi oranye. Cari tahu yuk apa penyebabnya?

Dilansir dari HuffingtonPost, Senin (6/2/2017) udang memiliki cangkang lunak yang disebut exoskeleton. Lapisan cangkang ini berada di dalam kerangka eksternal udang. Apa yang membuatnya berubah warna? Hal ini bisa dijelaskan dengan ilmiah.

Exoskeleton memiliki kandungan karotenoid jenis astaxanthin yakni pigmen penghasil warna kuning hingga oranye pada tumbuhan ataupun hewan. Pigmen ini juga yang membuat salmon memiliki warna oranye.

 

Saat belum dimasak, astaxanthin tertutupi untaian protein yang disebut crustacyanin yang membungkus seluruh bagian udang hingga udang terlihat hanya memiliki warna abu-abu. Tapi saat proses memasak, proein ini luntur sehingga warna asli dari pigmen udang terlihat nyata. Hal ini juga terjadi pada beberapa jenis seafood lain seperti kepiting misalnya.

Satu hal yang unik, jika Anda melihat flamingo memiliki warna merah muda yang cantik, itu salah satunya karena burung ini makan udang. Pigmen karetenoid pada udang masuk dan tercerna dalam sistem pencernaan flamingo dan membuatnya tampak semakin cantik dengan warna merah mudanya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini