Empat Penyebab Utama PCOS yang Harus Diketahui Wanita Usia Subur

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 05 Februari 2017 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 03 481 1608365 empat-penyebab-utama-pcos-yang-harus-diketahui-wanita-usia-subur-rcymfDVeDm.jpg Ilustrasi (Foto: Verywell)

SALAH satu masalah yang sering dihadari wanita usia subur saat ini adalah Polikistik ovarium sindrom. Meski begitu, banyak wanita yang belum mengetahui apa penyebab dari PCOS, padahal bisa memengaruhi kesuburan.

PCOS merupakan gangguan sistem endokrin yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan pertumbuhan tumor jinak pada ovarium. Selain itu, PCOS juga dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur, sehingga mengganggu pembuahan.

Karena itu, penting bagi wanita mengetahui penyebab PCOS sebagai bagian dari tindakan pencegahan. Nah, berikut penyebab PCOS yang perlu diketahui wanita usia subur seperti dilansir Zeenews:

Genetik

Jika ibu mempunyai PCOS, maka ada kemungkinan anak perempuannya akan mengalami gangguan yang serupa. Karena itu, kita harus mengetahui riwayat di keluarga untuk bisa deteksi dini.

Berat badan

Banyak wanita dengan PCOS kelebihan berat badan. Namun, sebenarnya hal tersebut tidak berlaku pada semua wanita. Karena, wanita berbadan kurus juga diketahui bisa menderita PCOS.

Androgen

Kadar androgen yang berlebihan adalah salah satu penyebab utama PCOS. Salah satu tanda-tanda awal dari meningkatnya androgen adalah munculnya jerawat pada masa remaja.

Pengobatan

Pengobatan nomor satu untuk PCOS adalah latihan teratur dan diet sehat. Kedua, olahraga teratur juga merupakan cara yang efektif untuk menangkal peningkatkan insulin sebagai salah satu penyebab PCOS.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini