nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Langkah Pasti Mengatasi Gigi Ngilu

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 03 Februari 2017 12:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 03 481 1608445 7-langkah-pasti-mengatasi-gigi-ngilu-uUOlicyqKV.jpg Gigi ngilu jangan diabaikan (Foto: Deltadentalar)

KETIKA makan dan minum gigi terasa ngilu pasti membuat Anda tidak nyaman. Salah satu masalah gigi sensitif ini membuat Anda tidak menikmati setiap kunyahan makanan yang masuk ke mulut.

Masalah ini jangan dibiarkan lama-lama, karena bisa merembet ke kondisi lain yang lebih serius. Ada cara mudah mengatasi gigi ngilu, berikut seperti yang dilansir dari laman Boldsky:

Hindari grinding gigi

Grinding gigi adalah salah satu risiko yang dapat merusak enamel. Jika Anda memiliki kebiasaan grinding gigi ketika tidur, maka kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan.

Gunakan pasta gigi khusus

Mulailah menggunakan pasta gigi yang dirancang untuk gigi sensitif atau ngilu. Meskipun masalah tak bisa diselesaikan langsung, tapi rasa sakit akan mereda perlahan. Bahan alami dalam pasta gigi khusus ini akan mengurangi rasa sakit dan ngilu.

Hindari makanan asam

Makanan asam tertentu dapat menyerang enamel gigi Anda. Karena itu, hindari acar, jus buah, anggur merah dan makanan asam lain yang dapat menyebabkan rasa sakit dan ngilu pada gigi.

Hindari kafein

Hindari kafein, alkohol dan kebiasaan merokok yang dapat merusak kesehatan mulut. Hal ini juga dapat menyebabkan gigi ngilu.

Sikat gigi 2 menit

Sikat gigi selama 2 menit. Kemudian, gunakan sikat gigi yang lembut dan menyikatnya secara perlahan-lahan. Cara ini ampuh mengatasi gigi ngilu yang mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Jangan sepelekan masalah gusi

Jika Anda memiliki masalah gusi, maka segera periksa ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan sederhana. Karena, hal ini salah satu faktor pemicu gigi ngilu.

Kunjungi dokter

Kunjungi dokter gigi untuk menjelaskan masalah yang dirasakan pada gigi. Perawatan gigi yang rutin akan mencegah gigi ngilu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini